Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Bengkulu, Hatta Rajasa Janjikan Pendidikan Gratis 12 Tahun

Kompas.com - 11/06/2014, 13:27 WIB
Kontributor Bengkulu, Firmansyah

Penulis


BENGKULU, KOMPAS.com
- Calon wakil presiden nomor urut 1 Hatta Rajasa menjanjikan pendidikan gratis hingga 12 tahun jika diberi amanah oleh rakyat untuk menjadi presiden dan wakil presiden sebagai bentuk perbaikan sumber daya manusia.

"Pendidikan 12 tahun wajib dibiayai oleh negara guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia dengan tidak melihat diskriminasi, siapa pun wajib mengenyam pendidikan hingga 12 tahun atau setara pendidikan menengah atas dan itu gratis atau dibiayai negara," kata pasangan Prabowo Subianto ini diiringi tepuk tangan para pendukungnya di Bengkulu, Rabu (11/5/2014).

Tak hanya itu, dia juga menjanjikan penyerapan tenaga kerja sebanyak dua juta orang setiap tahun dan ini merupakan angka yang realistis dari jumlah penduduk Indonesia. Sementara itu, untuk persoalan nelayan dan petani pasangan ini juga akan membuat bank perkreditan.

"Bank perkreditan untuk petani dan nelayan bertujuan untuk membantu agar mereka tak terjerat lilitan tengkulak, petani dan nelayan juga dapat mengakses permodalan di bank tersebut," orasi Hatta di hadapan ratusan pendukungnya di Rumah Merah Putih, Kota Bengkulu.

Terkait persoalan kesejahteraan guru, dia menegaskan dirinya dan capres Prabowo Subianto tidak akan mencabut tunjangan profesi. Hatta mengatakan, justru mereka akan menambah tunjangan tersebut karena menurut pasangan ini guru merupakan pintu utama bagi perbaikan sumber daya manusia di Indonesia.

"Tujuan utama dari pembangunan adalah kesejahteraan tanpa adanya kesenjangan dan itu dimulai dari pendidikan," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com