Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nobar Pun Tak Lagi cuma "Milik" Pertandingan Bola...

Kompas.com - 10/06/2014, 06:16 WIB
Kontributor Surakarta, M Wismabrata

Penulis

SOLO, KOMPAS.com — Tak hanya pertandingan sepak bola yang sekarang punya kegiatan nonton bareng alias nobar. Debat antarpasangan calon presiden-wakil presiden peserta Pemilu Presiden 2014 pun kini jadi tontonan bersama di sebuah tempat layaknya nobar pertandingan bola.

Nobar debat itu antara lain digelar warga Kampung Baron, Kunden, RT RT 3/ RW 2, Laweyan, Solo, Jawa Tengah, Senin (9/6/2014) malam. Penonton acara debat tersebut tak semuanya orang dewasa pula. 

Sejumlah anak terlihat ikut nimbrung menonton perdebatan pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa dan Joko Widodo-Jusuf Kalla tersebut. Beralaskan tikar berteman kudapan kacang dan pisang rebus, mereka menyimak debat yang dipandu Zainal Arifin Mochtar itu.

"Kami gelar acara nobar untuk dukungan kepada Pak Jokowi dan biar memeriahkan acara debat meski hanya di Solo," kata salah satu "panitia" nobar, Freddy Kuncoro, Senin malam. Dengan dasar tersebut, tepuk tangan pun spontan terjadi saat layar kaca menampilkan Jokowi yang memberikan sambutan di awal acara.

Freddy mengatakan, acara nobar ini rencananya akan berlangsung bergiliran dari satu RT ke RT lain setiap kali ada debat yang merupakan tahapan Pemilu Presiden 2014 tersebut. Rencanaya, Komisi Pemilihan Umum menggelar lima kali debat, baik antar-capres, antar-cawapres, maupun antar-pasangan capres-cawapres, termasuk debat pada Senin malam.

Kegiatan nobar tak hanya terjadi di Solo. Di Jakarta misalnya, sejumlah pendukung pasangan calon bahkan wartawan juga nobar acara debat tersebut di Plasa Semanggi. Di mal ini, kerumunan orang yang sengaja maupun tak sengaja menonton bersama debat kedua pasangan terlihat di beberapa lokasi.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com