Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sakit, Kapten Kapal Asal Yunani Dievakuasi ke Daratan Aceh

Kompas.com - 24/05/2014, 15:14 WIB
Kontributor Banda Aceh, Daspriani Y Zamzami

Penulis

BANDA ACEH, KOMPAS.com - Petugas kesehatan Pelabuhan Balohan Sabang Propinsi Aceh mengevakuasi kapten kapal kargo berbendera asing di perairan lepas Selat Malaka, Jumat (24/5/2014) petang. Kapal kargo bernama MV Sivolta yang berbendera Yunani itu sempat dicurigai TNI Angkatan Laut di Sabang karena mulai memasuki perairan Indonesia.

Setelah Pangkalan Angkatan Laut Sabang berkomunikasi dengan pihak kapal, kemudian diketahui kapal hendak berlayar menuju Cina dari pelabuhan barang di Singapura. Namun perjalanan terpaksa dihentikan karena sang Kapten Kapal bernama Moraitis Ilias berusia 67 tahun mengalami gangguan kesehatan dan sesak nafas mendadak.

Angkatan laut meminta Kantor Kesehatan Pelabuhan Sabang untuk melakukan evakuasi sang kapten kapal. Petugas Kesehatan Pelabuhan Sabang, M Fauzi, mengatakan, sang kapten sempat dievakuasi dari tengah laut menuju pelabuhan dengan menggunakan kapal nelayan.

“Saat itu sempat gelombang besar, tapi untung saja kita berhasil mencapai pelabuhan, dan kemudian sang kapten langsung kita evakuasi dengan kapal angkutan penumpang, kapal cepat untuk dibawa ke Banda Aceh,” ujar Fauzi sesaat tiba di Pelabuhan Ulhe Lheu Banda Aceh, Sabtu (24/5/2014).

Dari Pelabuhan Sabang, Ilias dirujuk ke Rumah Sakit Zainal Abidin Banda Aceh untuk mendapat perawatan intensif. Dia diduga terjangkit penyakit paru-paru akut. Hingga saat ini, Ilias masih menjalani perawatan medis. Kapal kargo MV Sivolta belum melanjutkan pelayaran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com