Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buruh Jateng Deklarasi Dukungan untuk Prabowo-Hatta

Kompas.com - 22/05/2014, 11:58 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis

UNGARAN, KOMPAS.com — Kalangan buruh di Jawa Tengah yang tergabung dalam Konferensi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) akhirnya menjatuhkan pilihan kepada Prabowo Subianto sebagai calon presiden yang akan didukung dalam Pilpres Juli 2014 mendatang.

Deklarasi terhadap capres usungan koalisi Partai Gerindra ini dilakukan di RM Taman Indah Sari, Jalan Raya Soekarno-Hatta, Ungaran, Kamis (22/5/2014) siang.

"Prabowo adalah satu-satunya capres yang menerima tuntutan buruh," kata Dono Rahardjo, Ketua KSPI Jateng.

Menurut Dono, hanya Prabowo yang berani menandatangani kontrak politik yang berisi 10 butir tuntutan buruh pada saat puncak peringatan May Day di Jakarta.

Sementara itu, bakal capres dan cawapres lainnya dengan berbagai alasan menghindar menandatangani kontrak politik. "Bagaimana kalau (Prabowo) ingkar? Kita tagih bersama-sama. Kita kepung Istana. Kalau ingkar, berarti kita mempunyai catatan untuk tahun-tahun berikutnya," ujarnya lagi.

Buruh, lanjut Dono, selayaknya tidak berpolitik praktis. Akan tetapi, ketika semua aspirasi diserahkan kepada partai politik, kenyataannya produk-produk hukum yang menyangkut buruh malah berpihak kepada para pemodal asing.

"Kita punya kekuatan besar. Kalau kita tidak bisa masuk sistem, kita masih bisa melakukannya dengan mendorong capres yang berpihak kepada buruh," lanjutnya.

Dono mengklaim, dukungan terhadap Prabowo dilakukan bersama-sama oleh KSPI, FSPMI, ASPEK Indonesia, FSP KEP, FARKES Ref, PPMI, ISI, SP Migran, PRT, Buruh Pelabuhan, pekerja BUMN, Serikat Pedagang Pasar, HKTI, Seniman Rakyat, SNI, Organisasi Guru dan Pegawai Honorer, Persatuan Orang Mini, dan Forum Ibu Rumah Tangga.

"Kami tergabung dalam Rumah Indonesia," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com