Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Distribusi Soal UN SD di Ungaran Harus Menyeberang Sungai

Kompas.com - 18/05/2014, 21:48 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis

UNGARAN, KOMPAS.com – Ujian Nasional (UN) tingkat SD di Kabupaten Semarang yang akan dimulai Senin (19/5/2014) besok akan melibatkan 2.174 pengawas. Penyelenggara UN SD Kabupaten Semarang akan memberlakukan pengawasan dengan sistem silang satu kecamatan.

Ketua Penyelenggara Ujian Sekolah tingkat Kabupaten Semarang, Adi Prasetyo mengatakan, peserta ujian SD 2014 jumlahnya mencapai 12.885, MI 2.705 siswa, SDLB ada 49 anak, dan peserta ujian Paket A 114 orang. Mereka akan mengikuti UN di SD/Mi masing-masing dengan total raung ujian mencapai 1.087 ruang.

"Totalnya ada 15.723 peserta yang akan mengikuti ujian. Logistik sudah terdistribusi hingga tingkat UPTD di 19 Kecamatan," katanya, Minggu (18/5/2014).

Di setiap UPTD Pendidikan, lanjutnya, logistik sudah ditempatkan dan ruangan telah dikunci ganda. Terkait penjagaan, dia menuturkan, sudah dijaga oleh petugas UPTD dibantu pengamanan unsur aparat dari Polsek setempat.

Dari sekian lokasi UN yang ada di Kabupaten Semarang, khusus pendistribusian naskah soal ke SD Negeri 02 Candirejo, yang terletak di Dusun Sapen, Desa Candirejo, Kecamatan Pringapus, rencananya dilakukan dengan cara menyeberangi Sungai Kedung Potro.

Menurut Adi, jalur tersebut dinilai lebih cepat dibandingkan jika harus melalui wilayah kabupaten Demak. Sejumlah guru atau kepala sekolah yang akan membawa logistik sudah terbiasa melewati sungai yang terkenal sering berubah alur danbelum ada jembatan penghubung.

"Lewat jalur biasa seperti tahun sebelumnya, dan tidak masalah. Kalau harus memutar melalui Kabupaten Demak waktunya kurang efisien," paparnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com