Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rhoma Tarik Dukungan, PKB Kehilangan Puluhan Juta Suara

Kompas.com - 16/05/2014, 13:39 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com -- Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dipastikan akan kehilangan puluhan juta suara pendukung setelah raja dangdut Rhoma Irama menarik dukungannya.

Mereka adalah penggemar setia Rhoma Irama yang tersebar hampir merata di seluruh pelosok negeri.

Ketua Umum Fans Rhoma and Soneta (Forsa), Surya Aka, mengklaim, para penggemar Rhoma Irama itu akan setia mengikuti pilihan politik musisi dangdut yang digemarinya.

"Sekitar 20-30 juta itu massa riil, bisa dilihat saat Rhoma konser di daerah-daerah, pasti ribuan yang datang," kata dia dikonfirmasi, Jumat (16/5/2014) di Surabaya.

"Karena itu, kami sakit hati saat elite PKB membantah bahwa perolehan suara PKB pada pileg kemarin bukan karena Rhoma Irama effect," terangnya.

Pendukung Rhoma Irama resmi diwadahi oleh Forsa yang sudah memiliki kepengurusan tingkat provinsi di 26 daerah. Adapun di Jatim sudah ada 20 struktur pengurus di tingkat kabupaten atau kota dengan 1.000 anggota.

Forsa terbentuk pada April 2013 lalu. Sebelumnya, penggemar Rhoma Irama terpecah-pecah dengan banyak nama elemen, seperti Soneta Fans Club dan Serikat Pendukung Rhoma Irama.

Sementara itu, hari ini, Rhoma Irama dijadwalkan menggelar seremonial untuk menarik secara resmi dukungan kepada PKB pada pilpres tahun ini. Dukungan itu menyusul urungnya Rhoma Irama dijadikan capres atau cawapres oleh PKB, serta karena PKB menjalin koalisi dengan PDI-P untuk memenangkan Jokowi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com