Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kunci Jawaban UN SMP Dibeli Seharga Rp 250.000

Kompas.com - 07/05/2014, 15:35 WIB
Kontributor Kediri, M Agus Fauzul Hakim

Penulis


KEDIRI, KOMPAS.com — Dari pemeriksaan polisi, ketiga pelajar SMP negeri di Kota Kediri, Jawa Timur, mendapatkan bocoran kunci jawaban ujian nasional (UN) untuk soal Matematika dengan membelinya seharga Rp 250.000. Kunci jawaban itu dibelinya dari pelajar lain yang diduga sebagai penyuplai.

Meski demikian, belum diketahui apakah harga tersebut hanya untuk satu paket jawaban atau semua paket jawaban yang terdiri dari dua puluh paket jawaban. Sebab, pemeriksaan mendalam terhadap para siswa itu belum dapat dilakukan.

“Kami masih memberikan kesempatan bagi mereka (pelajar) untuk mengikuti ujian,” kata Kepala Polres Kediri Kota Ajun Komisaris Besar Budhi Herdianto, Rabu (7/5/2014).

Keempat pelajar itu terdiri dari D, A, dan A. Mereka diamankan polisi saat berada di sebuah tempat fotokopi, dengan bukti 3 lembar kunci jawaban, Selasa (6/5/2014). Dari pemeriksaan ketiganya diketahui bahwa kunci jawaban itu didapatkan dari C, pelajar lain, dan beda sekolah.

Dalam kasus itu, Kapolres mengatakan bahwa pemeriksaan terhadap beberapa orang telah dilakukan, yaitu seorang karyawan jasa fotokopi, satpam sekolah, serta beberapa guru sekolah. Pemeriksaan tersebut untuk mengetahui sejauh mana kasus tersebut terjadi.

“Kami akan melakukan pengusutan hingga tuntas,” tandas Budhi.

Sebelumnya diberitakan, polisi yang berpatroli mendapati siswa yang bergerombol di sebuah tempat fotokopi, Selasa, sebelum ujian dimulai. Para siswa tersebut ternyata sedang menggandakan kunci jawaban soal Matematika. Dari temuan itu, polisi mengamankan tiga lembar kunci jawaban dan memeriksa tiga pelajar SMP negeri. Lembar jawaban tersebut berbentuk lembaran kertas yang berisi 20 paket jawaban untuk soal pilihan ganda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com