Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Ekor "Jackie Pinguin" Tiba di Gembira Loka

Kompas.com - 07/05/2014, 10:36 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Enam ekor burung pinguin hasil hibah dari Singapura Zoo telah tiba di Kebun Binatang Gembiraloka, Yogyakarta.

Pinguin Afrika atau Jackie Pinguin ini terdiri dari empat betina dan dua jantan. "Tiba di Jakarta Selasa, 6 Mei 2014, langsung ke Yogya," ujar Direktur Gembira Loka Zoo KMT. A.Tirtodiprojo, Rabu (7/5/2014).

Tirto menjelaskan, meskipun telah tiba di Yogyakarta, namun enam burung pinguin yang nantinya akan melengkapi koleksi Kebun Binatang terbesar di DIY-Jateng ini baru bisa dilihat oleh pengunjung pada 19 Mei 2014.

Saat ini, keenam pinguin ini harus melewati fase karantina guna adaptasi di lingkungan baru. "Ini kita karantina dulu selama dua minggu untuk adaptasi di lingkungan baru dan agar tidak stres," tandasnya.

Stok untuk pakan pun telah disiapkan untuk satu bulan yang lalu. Kriterinya sesuai dengan regulasi yang telah ditetapkan oleh Kebun Binatang Singapura.

Nantinya akan ada tiga jenis ikan yang dikonsumsi oleh pinguin tersebut, di antaranya ikan herring, caplein, dan smelt.

Ikan untuk pakan yang datang ke Indonesia harus dipastikan terbebas dari penyakit. Ikan harus tersimpan di lemari es bersuhu minus 20 derajat. Sebab, pakan pinguin harus terbungkus es.

Lalu ketika akan diberikan pada pinguin dihangatkan hingga suhu 8 derajat, dengan cara diangin-anginkan.  "Semua telah disiapkan sesuai dengan regulasi dari Kebun Binatang Singapura," kata Tirto lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com