Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Pelajar SMP Ditangkap Saat Gandakan Kunci Jawaban UN

Kompas.com - 06/05/2014, 17:37 WIB
Kontributor Kediri, M Agus Fauzul Hakim

Penulis

KEDIRI, KOMPAS.com - Tiga pelajar SMP di Kota Kediri, Jawa Timur, tertangkap membawa kertas yang diduga berisi kunci jawaban Ujian Nasional, Selasa (6/5/2014).

Ketiga pelajar yang masing-masing berinisial D, A, dan A kini dalam pemeriksaan petugas kepolisian setempat. Mereka adalah peserta UN di sebuah SMP Negeri di Jalan Penanggungan.

Ketiganya ditangkap saat mencoba menggandakan kunci jawaban itu di tempat jasa fotokopi yang tidak jauh dari lokasi sekolahnya. Mereka adalah sedikit dari belasan pelajar lainnya yang kedapatan bergerombol di depan tempat fotokopi.

Mereka ditangkap oleh personel polisi yang sedang patroli di tempat itu sebelum ujian berlangsung sekitar pukul 06.30 Wib.

Polisi hanya berhasil menangkap ketiga pelajar beserta tiga lembar kertas sebagai barang buktinya. Sementara pelajar lainnya berhasil melarikan diri.

Kunci jawaban tersebut berbentuk selembar kertas yang berisi 20 paket isian bertuliskan untuk mata ujian matematika. Setiap paket terdiri dari 50 jawaban untuk 50 soal pilihan ganda.

Kepala Polres Kediri Kota, Ajun Komisaris Besar Budhi Herdi Susianto mengatakan, kasusnya dalam penyelidikan dan pengembangan oleh personilnya. "Untuk tahu kunci jawaban itu asli atau tidak kita akan lakukan serangkaian pemeriksaan," kata Budhi Herdi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com