Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Risma Pulangkan 50 Gelandangan yang Lulus dari Pondok Sosial

Kompas.com - 06/05/2014, 17:25 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis


SURABAYA, KOMPAS.com - Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini kembali memulangkan puluhan pengemis dan gelandangan atau Penyandang Masalah Kesejahteran Sosial (PMKS) ke daerah asal. Mereka dianggap telah lulus dari Lingkungan Pondok Sosial (Liponsos) Keputih Surabaya. Mereka dinilai siap kembali ke masyarakat seusai menjalani proses pembinaan, pelatihan keterampilan dan pematangan mental.

"Saya yakin mereka siap kembali ke tengah masyarakat, dan pemerintah setempat kami minta tetap mendampingi," kata Risma saat pelepasan PMKS di Balai Kota Surabaya, Selasa (6/5/2014).

Pemulangan itu, kata Risma, sebagai upaya memanusiakan manusia, karena mereka sudah waktunya kembali ke tengah masyarakat. Kepada para PMKS yang dipulangkan, Risma berpesan agar tidak berputus asa.

"Jadi, bapak ibu sekalian jangan menyerah kepada nasib. Asal kita mau bekerja dengan tulus, Tuhan akan memberikan kesempatan. Gusti Allah mboten sare (Tuhan tidak tidur). Panjenengan harus percaya, Gusti Allah pasti memberi jalan," terang Risma.

Awal April lalu, pemulangan juga dilakukan kepada 52 PMKS ke daerah masing-masing. Dalam waktu dekat, juga akan dipulangkan belasan PKMS dari berbagai daerah di luar pulau Jawa.

Ada 50 orang PMKS yang dipulangkan ke daerah asalnya di berbagai kota di Jawa Timur. Pemkot menyiapkan delapan unit mobil untuk mengantar mereka ke sejumlah daerah seperti Sidoarjo, Malang, Blitar, Pasuruan, Situbondo, Lamongan, Trenggalek, Ponorogo, Mojokerto, Nganjuk dan Ngawi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com