Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga TPS di Semarang Akan Gelar Pencoblosan Ulang

Kompas.com - 10/04/2014, 17:00 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis


SEMARANG, KOMPAS.com -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Semarang terpaksa menggelar pencoblosan ulang Pemilu Legislatif (Pileg) 2014 di tiga tempat pemungutan suara (TPS) di daerah pemilihan (dapil) tiga Kecamatan Bringin.

Ketiga TPS itu masing-masing TPS 03 Desa Gogodalem, TPS 06 Bringin, serta TPS 02 Desa Sendang. Pencoblosan ulang hanya akan dilakukan untuk surat suara DPRD Kabupaten Semarang dengan pemilih sesuai DPT.

Keputusan tersebut diambil setelah pada pelaksanaan pencoblosan suara Pileg 2014 pada Rabu (9/4/2014) kemarin, ditemukan surat suara Dapil II Kabupaten Semarang yang menyasar di ketiga TPS tersebut.

“Pleno komisioner KPU Kabupaten Semarang sudah menetapkan jadwal pencoblosan ulang pada hari Minggu (13/4/2014) nanti,” kata Ketua KPU Kabupaten Semarang, Guntur Suhawan, saat ditemui, Kamis (10/4/2014) siang.

Keputusan menggelar pencoblosan ulang pada hari Minggu, kata Guntur, karena pihaknya mempertimbangkan kesiapan logistik surat suara, kesiapan para petugas kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS), serta kesiapan pemilih karena hari Minggu adalah hari libur.

“Dengan pertimbangan waktu serta logistik sura suara yang belum mencukupi, maka proses pencoblosan ulang di tiga TPS ini akan dilaksanakan Ahad nanti,” katanya.

Menurut Guntur, surat suara dapil II yang menyasar itu sebenarnya juga ditemukan di empat TPS di Kecamatan Beringin, yaitu di TPS 04 Desa Sambirejo, TPS 03 Desa Nggogodalem, TPS 06 Beringin, serta TPS 02 Desa Sendang.

"Di TPS 04 Desa Sambirejo, tercampurnya surat suara dapil lain ini ditemukan saat proses pemilihan sudah mencapai 190 orang," jelasnya.

Sesuai mekanisme yang diatur dalam Surat Edaran KPU Nomor 275, kotak suara yang berisi surat suara menyasar ini harus dibongkar. Warga yang sudah menggunakan hak pilihnya dipanggil kembali untuk mencoblos ulang dengan menggunakan surat suara baru atau cadangan.

“Khusus untuk proses pencoblosan ulang di TPS 04 Desa Sambirejo ini telah dituntaskan pada hari itu juga (Rabu 4 April 2014),” kata Guntur.

Sementara itu, keterangan sedikit berbeda disampaikan Ketua Panwaslu Kabupaten Semarang, Agus Riyanto. Ia menjelaskan temuan surat suara menyasar dari dapil lain terjadi sedikitnya di tujuh TPS di Kecamatan Bringin.

Hanya, di beberapa TPS tercampurnya surat suara dapil lain ini diketahui sebelum pelaksanaan pencoblosan, seperti di TPS 01 Desa Gogodalem, sehingga pada pelaksanaannya tidak sampai menimbulkan masalah pada saat pencoblosan, karena kekeliruan ini langsung ditangani.

“Di TPS 1 Gogodalem ditemukan dua bendel surat suara dapil 2 Kabupaten Semarang, yang masing- masing bendel berisi 50 lembar surat suara,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com