Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengalaman Pertama "Nyoblos", Ini Komentar Cristian Gonzales

Kompas.com - 09/04/2014, 14:31 WIB
Kontributor Malang, Yatimul Ainun

Penulis


MALANG, KOMPAS.com --
Striker Arema Cronus Indonesia, Cristian Gonzales, menjalani pengalaman pertamanya mengikuti pesta demokrasi di Indonesia, Rabu (9/4/2014), setelah menjadi warga negara Indonesia (WNI) pada tahun 2010. Gonzales menggunakan hak pilihnya untuk memilih di TPS 13, Kelurahan Kalisongo, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang.

Ditemani anak bungsunya, Fernando, Gonzales mendatangi TPS pada pukul 12.00 WIB. Dia datang menjelang siang karena sebenarnya Gonzales terdaftar sebagai pemilih di Kota Bandung. Namun, dia sedang berada di Malang. Gonzales akhirnya bisa menggunakan hak pilihnya setelah ada dua orang di TPS menjadi saksi.

"Ini pengalaman pertama saya mencoblos di Indonesia," katanya.

Menurut Gonzales, sistem pemilihan di Indonesia berbeda jauh dengan pemilu yang digelar di negara asalnya, Uruguay. Di Uruguay hanya terdapat satu partai.

"Asyik di Indonesia. Saya senang. Banyak pilihan. Karena ada 12 partai," ungkapnya.

Di Uruguay, lanjutnya, calon yang dipilih cukup terbatas karena hanya ada satu partai.

"Di sini masyarakat banyak pilihan. Itu demokrasi banget," ungkapnya.

Gonzales menambahkan, dengan bisa memberikan hak pilihnya terhadap calon anggota dewan, dia berharap hasil pileg bisa memunculkan pemimpin yang bisa membawa Indonesia lebih baik dalam segala sektor, terutama sektor kesejahteraan rakyat.

"Harapan utama saya, jangan kaitkan sepak bola dengan persoalan politik. Sepak bola ya sepak bola. Politik ya politik. Jangan dikaitkan. Itu harapan saya ke depan," tegasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com