Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Linmas Cantik Ditugaskan Keliling TPS-TPS

Kompas.com - 09/04/2014, 12:45 WIB
Kontributor Kendal, Slamet Priyatin

Penulis


KENDAL, KOMPAS.com --
Sebanyak 25 petugas Pelindung Masyarakat (Linmas) perempuan ikut mengamankan Pemilu Legislatif, Rabu (9/4/2014). Petugas perempuan yang dinamakan Linmas Cantik itu berkeliling dari satu TPS ke TPS lain dengan menggunakan mobil patroli Satpol PP Kabupaten Kendal.

Selain mengamankan jalannya pemilu legislatif, mereka juga bertugas mengajak masyarakat yang belum memilih supaya mau datang ke TPS untuk menggunakan hak pilihnya. Menurut Bupati Kendal, Widya Kandi Susanti, petugas Linmas Cantik yang diambil dari kalangan mahasiswa dan ormas pemuda itu diterjunkan untuk mencari simpatik kepada masyarakat supaya mau bersama-sama menyukseskan Pemilu 2014.

“Perempuan itu kan biasanya lebih halus, fleksibel, dan luwes saat berkomunikasi dengan masyarakat. Sehingga, masyarakat mau mengikuti kemauan cewek-cewek cantik yang menjadi Linmas tersebut,” kata Widya.

Widya berharap, para petugas Linmas Cantik itu bisa melakukan tugasnya sesuai dengan harapan. Dengan demikian, pemilihan legislatif di Kabupaten Kendal bisa berjalan dengan baik sesuai dengan aturan yang berlaku.

Sementara itu, Kepala Satpol PP Kabupaten Kendal Heru Trihandoko mengatakan, 25 petugas Linmas Cantik ini turun bersama Linmas laki-laki yang sudah ada. Para petugas laki-laki berjaga-jaga di TPS-TPS yang ada di kecamatan dan desa di Kabupaten Kendal. Sementara itu, petugas Linmas Cantik ditugaskan berkeliling untuk memantau perkembangan TPS-TPS dan partisipasi masyarakat ke TPS.

“Semua sudah ada tugasnya. Namun, untuk Linmas Cantik, kami tugaskan untuk berkeliling, mengajak masyarakat supaya mau menggunakan hak pilihnya,” ungkap Heru.

Dia menambahkan, jumlah Linmas yang diterjunkan untuk mengamankan Pileg 2014 ini sebanyak 9.362 orang. Mereka diterjunkan untuk menjaga TPS, kantor kepala desa/kelurahan, kecamatan, dan kabupaten.

“Jumlah TPS 2.183. Satu TPS dijaga oleh dua Linmas. Sisanya, menjaga kantor kepala desa/kelurahan, kecamatan, dan kabupaten,” tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com