Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Para SPG Pun Dimanfaatkan untuk Promosikan Caleg

Kompas.com - 04/04/2014, 13:01 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis


YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Tak hanya pemilik percetakan, mobil rental, atau penyanyi dangdut yang mendulang berkah pada masa kampanye terbuka, mereka yang berprofesi sebagai sales promotion girl (SPG) juga ikut kecipratan. Kecantikan dan pesona SPG pada masa kampanye ini digunakan oleh para caleg untuk meraih simpati masyarakat.

"Untuk satu kali event kita mendapatkan honor sebesar Rp 300.000 hingga Rp 500.000," ujar Rosadian (22), salah satu SPG, Jumat (4/4/2014). Rosa menuturkan, pembayaran tidak diberikan ketika satu kali acara selesai, tetapi akan diberikan setelah masa kampanye terbuka ini selesai.

"Setiap kali jadwal kampanye kita pasti diajak," tuturnya.

Bila di hari-hari biasa umumnya memasarkan produk-produk dari perusahaan, maka saat kampanye terbuka SPG mendapat tugas membagikan brosur, kalender, atau t-shirt kepada masyarakat. "Menjadi SPG sebuah produk dan menjadi SPG bagi caleg tidak ada bedanya karena pada intinya mempromosikan produk yang kita bawa," ucapnya. Sementara itu, Nita mengaku, menjadi SPG kampanye caleg jauh lebih nyaman dibandingkan memasarkan produk. Ini karena, jika menjadi SPG produk, maka ada target yang harus dicapai dalam satu kali jalan, yakni harus menjual produk dalam jumlah tertentu. "Kalau SPG untuk caleg ini kan hanya membagikan brosur, kalender, atau t-shirt," pungkasnya. (K75-12)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com