Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Palangkaraya, Nasdem Janjikan Beri 100.000 Beasiswa Selama Lima Tahun

Kompas.com - 22/03/2014, 20:11 WIB
Dani Prabowo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Sekretaris Jenderal Partai Nasdem Patrice Rio Capella menjanjikan 100.000 beasiswa perguruan tinggi jika Partai Nasdem keluar sebagai pemenang pemilu legislatif. Nasdem juga janjikan pendidikan gratis hingga perguruan tinggi.

"Jika keluar sebagai pemenang, kami akan memberikan beasiswa ke dalam dan ke luar negeri untuk 100.000 lulusan SMA di seluruh Indonesia selama lima tahun," kata Rio saat menyampaikan orasi politik di hadapan pendukungnya di lapangan bola Bantorung, Kecamatan Bukit Batu Tangkiring, Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Sabtu (22/3/2014).

Tak hanya memberi beasiswa, Rio mengatakan, Nasdem berjanji akan meningkatkan program pendidikan gratis bagi anak sekolah. Jika sebelumnya pemerintah telah memiliki program wajib belajar sembilan tahun, maka pendidikan gratis yang dijanjikan Nasdem adalah sampai perguruan tinggi.

Rio mengatakan, pendidikan merupakan faktor kunci untuk dapat membawa Indonesia jauh lebih baik. Selama ini, pemerintah dinilai masih kurang optimal dalam memperhatikan persoalan pendidikan. Indonesia seharusnya dapat belajar dari Korea, Jepang, dan China tentang bagaimana pendidikan menjadi prioritas di ketiga negara itu.

"Kita tidak bisa lagi melakukan keunggulan komparasi, tetapi harus keunggulan kompetitif. Boleh kita tidak punya sumber daya, tetapi kita punya manusia yang pintar untuk mengelola sumber daya," ujarnya.

Lebih jauh, ia mengatakan, para siswa yang nantinya mendapatkan beasiswa diwajibkan untuk kembali ke kampung halaman masing-masing. Mereka memiliki kewajiban untuk membangun daerahnya dengan kemampuan yang mereka miliki. Harapannya, daerah asal mereka akan berkembang, dan lapangan kerja baru pun terbuka. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com