Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kalimantan dan Sumatera, Ukuran Sorotan Dunia ke Indonesia soal Lingkungan Hidup

Kompas.com - 13/03/2014, 06:21 WIB
Kontributor Balikpapan, Dani Julius

Penulis

BALIKPAPAN, KOMPAS.com — Mata dunia tertuju pada Indonesia soal pengelolaan lingkungan di Pulau Kalimantan dan Sumatera. Berbagai persoalan lingkungan di Indonesia belakangan ini turut memberi andil atas tajamnya sorotan dunia, khususnya dari negeri tetangga.

Menteri Lingkungan Hidup, Balthasar Kambuaya, saat membuka Rapat Koordinasi Lingkungan Hidup Ekoregion Kalimantan di Hotel Novotel di Balikpapan, Kalimantan Timur, Rabu (12/3/2014), mengungkapkan tajamnya sorotan itu. 

"Kredibilitas lingkungan hidup Indonesia tergantung Kalimantan dan Sumatera. Kejadian kerusakan di dua tempat ini akan dilihat dunia," kata Balthasar. Kabut asap yang ikut menyelimuti Singapura belakangan ini, misalnya, diklaim kiriman dari Riau.

Kabut asap juga berdampak pada kawasan Malaysia di perbatasan Kalimantan Barat. Kedua persoalan dengan negeri tetangga pun mempertaruhkan kredibilitas negeri ini. "Bahkan, satu orang utan yang mati saja sudah menggemparkan dunia," kata Balthasar.

Karena itu, kata Balthasar, pemerintah terus mengupayakan pengelolaan lingkungan hidup yang lebih baik dan penindakan atas pelaku kejahatan lingkungan. Rakor LH Ekoregion Kalimantan bertujuan merancang berbagai upaya maksimal untuk menurunkan beban pencemaran, pengendalian kerusakan, dan peningkatan kapasitas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com