Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KSAD: Pembersihan Bukan Hanya di Rute yang Dilewati Presiden

Kompas.com - 16/02/2014, 18:18 WIB
Kontributor Malang, Yatimul Ainun

Penulis

KEDIRI, KOMPAS.com - Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Budiman membantah upaya penyapuan jalanan di area terdampak letusan Gunung Kelud semata dilakukan di jalur yang rencananya akan dilintasi Presiden, Senin (17/2/2014).

"(Penyapuan) bukan hanya untuk sambut Presiden tapi untuk lancarkan (kembali) perekonomian warga," kata Budiman saat mengunjungi pos pengungsi di Kabupaten Kediri, Minggu (16/2/2014). Sekitar 5.000 prajurit TNI telah diturunkan ke daerah terdampak letusan Gunung Kelud, di Kabupaten Kediri, Kota Kediri, Kabupaten Blitar, dan Kabupaten Malang.

Penyapuan material vulkanik melibatkan prajurit TNI dilakukan pada Minggu. Dalam pantauan Kompas.com, lokasi yang disapu prajurit TNI di Kediri antara lain adalah kawasan Simpang Lima di Kecamatan Gumul, serta jalur yang menghubungkan Kota Kediri dengan pos pengungsi Wates di Kabupaten Kediri.

Jalanan di sekitar Pasar Paing di Kota Kediri maupun kawasan lain di area tersebut, misalnya, masih dipenuhi material vulkanik setinggi 10 sampai 15 sentimeter seperti semula setelah Gunung Kelud meletus. Demikian pula areal pertanian warga di Kabupaten Kediri juga masih belum tersentuh upaya pembersihan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com