Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KPU Tinjau Percetakan Surat Suara Pemilu 2014 di Bandung

Kompas.com - 10/02/2014, 17:12 WIB
Kontributor Bandung, Rio Kuswandi

Penulis


BANDUNG, KOMPAS.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) meninjau perusahaan percetakan yang ditunjuk untuk mencetak surat suara Pemilu Legislatif dan Pemilihan Presiden 2014. Komisioner KPU, Ferry Kurnia Rizkyansyah mengatakan, peninjauan ke perusahaan percetakan ini dilakukan di beberapa provinsi di Indonesia, di antaranya, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Sumatera Utara, Bali dan Jawa Barat.

"Peninjauan kita lakukan secara pararel ya, untuk di Jakarta sudah kita lakukan kemarin, sekarang (hari ini) kami lakukan di Jawa Barat," kata Ferry di kantor KPU Jabar, Jalan Garut, Bandung, Jawa Barat, Senin (10/2/2014).

Percetakan surat suara yang didatangi, yaitu PT Titian Ilmu, PT Acarya Media Utama yang terletak di Ujungberung dan PT Granesia di Jalan Soekarno - Hatta, Bandung.

Ferry mengatakan, peninjauan dilakukan untuk mengecek kesiapan dan produksi surat suara. "Kita hanya ingin memastikan. Aktivitas surat suara yang itu memang sangat penting bagi proses pemilu yang akan kita laksanakan agar betul-betul berjalan dengan baik," kata Ferry.

Selain itu, tinjauan KPU juga untuk memastikan percetakan surat suara harus sesuai dengan spesifikasi, misalnya, kesamaan warna, latar dan lainnya. "Kita harus pastikan bahwa surat suara sesuai dengan spesifikasi yang ada, sehingga tidak merugikan kita dan tidak merugikan partai - partai yang ada," ujarnya.

Dan ketiga, sambung Ferry, yang menjadi perhatian utama KPU adalah distribusi surat suara. Menurutnya, surat suara yang sudah dicetak itu harus dikemas terlebih dahulu dan diberi barcode, setelah itu baru didistribusikan.

"Surat suara itu harus tepat jumlahnya, sampai ke tujuan tepat waktu, dan juga tepat sasaran," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com