Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Selidiki Asal Sekoci Pengangkut Imigran

Kompas.com - 09/02/2014, 21:28 WIB
Kontributor Ciamis, Irwan Nugraha

Penulis

TASIKMALAYA, KOMPAS.com — Kepala Bidang Humas Polda Jawa Barat Kombes Martinus Sitompul menyatakan, sampai saat ini polisi masih menyelidiki sekoci yang digunakan puluhan imigran yang terdampar di Pantai Pangandaran.

Kepolisian pun telah mendapatkan keterangan dari imigran bahwa sekoci itu milik tentara laut Australia.

"Kita sudah mengecek sekoci di Pangandaran, ternyata ada kesamaan dengan sekoci imigran di Sukabumi. Kami masih menelusuri negara pembuat sekoci tersebut. Nanti kan akan diketahui sekoci itu dari mana asalnya," terang Martinus saat dihubungi, Minggu (9/2/2014).

Sesuai keterangan para imigran, kata Martinus, mereka berangkat dari pesisir laut Kalimantan. Tujuan mereka ke Australia ialah untuk mencari suaka. "Kita sudah meminta keterangan dari mereka setelah di darat. Memang mereka ada yang mengaku dipukuli oleh tentara dan polisi Australia. Untuk penanganan selanjutnya, kita sudah serahkan ke pihak Imigrasi," kata Martinus.

Diberitakan sebelumnya, sebanyak 34 imigran gelap asal Timur tengah terdampar dengan sekoci milik Australia, di kawasan Pantai Pangandaran, Jawa Barat, beberapa hari lalu. Mereka mengaku diusir aparat keamanan Australia, dan diperlakukan kasar. Bahkan, dua dari mereka telah tewas saat berada di kapal Australia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com