Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pramono: Hidup di Negeri Cincin Api Harus Waspada

Kompas.com - 03/02/2014, 20:47 WIB
Kontributor Kediri, M Agus Fauzul Hakim

Penulis


KEDIRI, KOMPAS.com - Pramono Anung mengajak segenap masyarakat meningkatkan kewaspadaan menyusul bereaksinya beberapa gunung api di tanah air. Letusan gunung berapi, menurutnya, berpotensi terjadi karena berada di garis cincin api.

"Kita hidup di ring of fire, daerah yang berpotensi terjadi ledakan gunung berapi," kata Wakil Ketua DPR RI itu saat mengunjungi Pos Pengamatan Gunung Kelud di Desa Sugihwaras, Kecamatan Ngancar, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Senin (3/2/2014).

Seperti halnya peningkatan status gunung Kelud, kata Pramono, masyarakat juga harus waspada. Hal ini karena Kelud berlokasi cukup dekat dengan pusat aktivitas masyarakat. "Masyarakat yang beraktivitas di seputar Kelud sini ada baiknya mengurangi frekwensinya," imbaunya.

Selain itu, politisi Partai PDI Perjuangan ini menambahkan, masyarakat selayaknya juga waspada dari potensi bencana lainnya, seperti longsor mengingat tingginya curah hujan. "Namun saya berharap tidak terjadi apa-apa," pungkasnya.

Sebelumnya, gunung yang mempunyai ketinggian 1.731 Mdpl dan berlokasi di perbatasan Kabupaten Kediri, Kabupaten Blitar, serta Kabupaten Malang itu meningkat statusnya dari normal aktif menjadi waspada, Minggu (2/2/2014).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com