Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbaikan Tol Cipularang Diperkirakan Perlu 10 Hari

Kompas.com - 27/01/2014, 18:22 WIB
Kontributor Bandung, Rio Kuswandi

Penulis


BANDUNG, KOMPAS.com
 — Jalan Tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang (Cipularang) yang ambles, tepatnya di kilometer 72+800, Purwakarta, Jawa Barat, hingga Senin (27/1/2014) masih dalam tahap perbaikan oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk Cabang Purbaleunyi. Jalan itu ambles dengan kedalaman 80 sentimeter sepanjang 50 meter, Minggu (26/1/2014).

Kondisi jalan sampai normal dan dapat dilalui kendaraan kembali diperkirakan memakan waktu 10 hari. "Hasil koordinasi dengan pihak Jasa Marga, perbaikan permanen akan selesai sekitar 10 hari ke depan untuk dapat dilalui semua jenis kendaraan secara normal," kata Kabid Humas Polda Jabar Komisaris Besar Martinus Sitompul di Bandung, Senin.

Martinus mengatakan, saat ini petugas sedang mengerjakan pemasangan pancang tiang, penahan longsor, penyuntikan semen khusus dan bahan kimia. "Setelah itu baru akan dilakukan pengecoran," kata Martin.

Sebelumnya, Jasa Marga menargetkan perbaikan ruas tersebut rampung pada Senin (27/1/2014) sehingga kendaraan kecil bisa melaluinya, sementara kendaraan besar bisa menggunakan arah berlawanan (contra flow). "Namun, hasil koordinasi terakhir belum bisa selesai hari ini," kata Martin.

Untuk sementara, kendaraan besar masih dialihkan ke Tol Cikopo dan jalur tengah Purwakarta, sementara kendaraan kecil bisa lewat (contra flow) di kilometer 72.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com