Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Empat DAS di Jatim Ini Rawan Meluap

Kompas.com - 17/01/2014, 16:50 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Empat daerah aliran sungai (DAS) di Jawa Timur rawan meluap saat curah hujan tinggi. Warga di sekitar DAS tersebut diminta waspada saat terjadi hujan lebih dari empat jam.

Keempat DAS tersebut adalah Bengawan Solo, Pakelan Sampean, Kali Kemuning dan Welang Rejoso. "Luapan Bengawan Solo mengancam 512 desa di 201 Kecamatan yang tersebar di lima kabupaten mulai Ngawi, Bojonegoro, Tuban, Lamongan dan Gresik," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur, Sudarmawan, Jumat (17/1/2014).

Untuk DAS Pakelan Sampean sepanjang 3,6 kilometer, BPBD meminta dua Kabupaten yaitu Situbondo dan Bondowoso untuk selalu mewaspadai jika sewaktu-waktu terjadi luapan sungai. Sementara untuk DAS Welang Rejoso, mencakup dua kabupaten yaitu Pasuruan dan Probolinggo.

DAS Welang Rejoso kata Sudarmawan memiliki 36 anak sungai, sehingga memperluas potensi banjir saat meluap.

Beberapa anak sungai DAS Welang Rejoso yang sering menyebabkan banjir adalah Sungai Kedung Larangan, Rejoso, dan Welang. "Genangan banjir bisa berhari-hari karena tergantung pasang surut air laut," tambahnya.

Di Pulau Madura, DAS yang patut diwaspadai adalah DAS Kali Kemuning di Kabupaten Sampang sepanjang 58 km. Sungai Kemuning termasuk sungai dangkal dan mudah meluap. "Selain karena hujan, sungai ini juga meluap akibat pasang surut air laut," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com