Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ribuan Burung Kutilang Dilepas di Taman Kota Surabaya

Kompas.com - 04/01/2014, 14:44 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis


SURABAYA, KOMPAS.com - Ribuan ekor burung liar jenis kutilang akan dilepas di belasan titik taman Kota Surabaya. Burung-burung tersebut adalah kado tahun baru dari Partai Nasdem untuk kota Surabaya yang dinilai sukses mengembangkan taman kota sebagai kawasan hijau.

Ribuan ekor burung kutilang itu secara simbolis akan dilepas Minggu (5/1/2014) besok di Taman Bungkul Surabaya oleh pengurus Partai Nasdem, dan diikuti di sejumlah titik taman kota lainnya.

"Ini adalah bentuk kepedulian partai pada lingkungan. Partai kami tidak hanya ingin bergerak di bidang politik saja, tapi juga di bidang lingkungan sebagai bagian dari kehudupan manusia," kata Ketua Bidang Media dan Komunikasi Publik DPP NasDem, Sri Sajekti Sudjunadi, Sabtu (4/1/2014) di Surabaya.

Dia berharap, pelepasan burung-burung Kutilang tersebut akan memperkaya ekosistim taman kota di Surabaya. Suara kicau burung diharapkan akan menambah kesan asri dan alami taman kota. "Masyarakat umum juga kami harapkan ikut menjaga kelestarian taman kota. Ini sejatinya tanggung jawab kita bersama, bukan hanya tanggung jawab pemerintah kota Surabaya," terangnya.

Sejak dipimpin Tri Rismaharini, Kota Surabaya kian gencar mengembangkan taman kota. Bahkan salah satu taman kota di Jalan Darmo, yakni Taman Bungkul meraih penghargaan internasional The 2013 Asian Townscape Sector Award dari PBB pada 26 November 2013 lalu di Fukuoka, Jepang.

Taman Bungkul dinilai layak mendapat penghargaan itu karena memiliki fungsi sosial, budaya, rekreasi, dan pendidikan. Selain dilengkapi berbagai sarana pendukung, seperti jogging track, taman bermain anak, akses Internet nirkabel, amfiteater, dan arena skateboard, di taman seluas 900 meter persegi itu juga terdapat wisata religi berupa makam Sunan Bungkul.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com