Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lereng Merapi Bakal Dihiasi Cahaya Lampion di Malam Tahun Baru

Kompas.com - 29/12/2013, 17:48 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis


YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Menyambut datangnya Tahun Baru 2014, jalan utama obyek wisata Kaliurang Sleman akan dipenuhi dengan lampu-lampu lampion.

Selain lampion, seluruh pelaku wisata di Kecamatan Cangkringan juga memasang obor di sepanjang jalan menuju obyek wisata yang berada di lereng Merapi sisi selatan itu.

"Akan ada festival lampion di objek wisata Kaliurang. Festival diikuti 16 kelompok dari masyarakat," terang Kepala Disbudpar Sleman Ayu Laksmi Dewi, Minggu (28/12/2013).

Hasil karya lampion dari masyarakat nantinya akan dipamerkan di sepanjang jalur utama Kaliurang mulai dari pintu gerbang utama sampai kawasan Tlogoputri.

Selain itu untuk menambah kemeriahan pesta cahaya di malam tahun baru, seluruh pelaku wisata di Kecamatan Cangkringan juga akan memasang obor di sepanjang jalan menuju Kaliurang.

"Kita juga adakan Kirab Budaya bertema "Obor Merapi Sapit Urang". Acara dimulai pukul 19.30 itu akan diikuti oleh 10 kelompok bergodo.

Ayu Laksmi mengungkapkan, tepat pergantian tahun, wisatawan akan di puaskan dengan pesta kembang api dan hiburan musik.

Selain obyek wisata Kaliurang, ada beberapa destinasi yang menjadi unggulan saat mengisi liburan tahun baru di antaranya kawasan Museum Ullen Sentalu, Volcano Tour, Museum Gunung Merapi, serta kompleks Candi Prambanan-Boko.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com