Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diduga Akibat Arus Pendek, 60 Rumah di Bitung Ludes Terbakar

Kompas.com - 25/12/2013, 21:20 WIB
Kontributor Manado, Ronny Adolof Buol

Penulis


MANADO, KOMPAS.com - Sedikitnya 60 rumah warga di Kelurahan Bitung Tengah atau Kompleks Pasar Tua ludes terbakar akibat hubungan arus pendek listrik, Rabu (25/12/2013). Api yang berkobar sejak pukul 15.00 Wita tersebut baru bisa dipadamkan sekitar dua jam kemudian.

Menurut informasi yang dihimpun dari sejumlah saksi mata, api berasal dari rumah salah satu warga, Ci Ina. Kuat dugaan api bersumber dari kabel listrik yang bergesekan kemudian menimbulkan percikan api dan menyambar atap rumah Ci Ina.

"Api cepat sekali menjalar ke puluhan rumah lainnya, karena saat kejadian angin bertiup kencang,"  ujar salah satu warga. Sebanyak tujuh kendaraan pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan kobaran api tersebut. Terlihat pula sejumlah anggota TNI, marinir serta aparat kepolisian membantu upaya pemadaman.

Sejumlah warga menuturkan bahwa minggu lalu sebuah tiang listrik yang berada di tengah kompleks padat penduduk tersebut mengeluarkan percikan api. Namun pihak PLN telah memperbaikinya. Kemungkinan karena sore tadi angin bertiup kencang, sehingga membuat kabel listrik tersebut kembali bersentuhan dan mengakibatkan hubungan arus pendek.

Sejauh ini belum ada laporan mengenai korban jiwa atas musibah yang terjadi tepat pada saat warga sedang merayakan Natal tersebut. Demikian pula dengan jumlah kerugian belum dihitung. Hingga saat ini, petugas di lapangan masih bekerja untuk memastikan api benar-benar telah padam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com