Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

1.000 Peserta Ramaikan Festival Kuwung di Banyuwangi

Kompas.com - 14/12/2013, 23:17 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis

BANYUWANGI,KOMPAS.com - Kabupaten Banyuwangi menggelar Festival Kuwung, Sabtu (14/12/2013) dalam rangka memperingati hari jadi Banyuwangi ke-242 tahun dan diikuti sekitar 1000 peserta.

Selain menampilkan adat, sejarah, budaya dan potensi di Banyuwangi, festival ini juga menampilkan kebudayaan dari kabupaten/kota tetangga,  yakni Kota Probolinggo, Kota Pasuruan, Kabupaten Kediri dan Kabupaten Ponorogo.

Festival ini diawali dengan fragmen tari berjudul "Sampur Jingga Blambangan ", yang didahului tari Seblang, Gandrung Lanang (Gandrung Laki-laki) dan Gandrung Wadon (Gandrung Perempuan).

Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata M.Yanuar Bramuda kepada Kompas.com mengungkapkan Gandrung merupakan ikon kesenian setempat yang mempunyai ikatan sejarah dengan kabupaten Banyuwangi.

"Kami ingin mengenalkan sejarah Gandrung kepada masyarakat dan para undangan, karena festival Kuwung ini mengangkat berbagai seni, budaya, adat dan sejarah Banyuwangi serta semua potensi daerah baik industri maupun kekayaan wisata yang ada," ungkapnya.

Bramuda juga menjelaskan festival Kuwung merupakan ajang tahunan yang digelar setiap Desember. "Kenapa Desember, karena hari Jadi Banyuwangi jatuh pada 18 Desember. Kuwung sendiri maknanya adalah pelangi yang menggambarkan berbagai macam warna budaya, seni, adat dan sejarah di Banyuwangi yang memberikan warna tersendiri untuk kekayaan budaya Indonesia," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com