Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demi Beli Susu Bayi, Pria Ini Bersekongkol Jual Motor Curian

Kompas.com - 09/12/2013, 19:53 WIB
Kontributor Manado, Ronny Adolof Buol

Penulis


MANADO, KOMPAS.com - Alasan terdesak butuh uang untuk membelikan susa buat bayinya, Adam Polapa (23), warga Gorontalo yang tinggal di Pasar Bersehati, Manado, nekat berkomplot dengan Inneke Tumasang (35), warga Sanger yang datang ke Manado. Adam menjual motor yang dicuri oleh Inneke.

"Uangnya saya pakai untuk beli susu bayi saya. Baru lahir dua bulan lalu," katanya saat diperiksa di Mapolresta Manado, Senin (9/12/2013) malam.

Tim Buru Sergap (Buser) Polresta Manado meringkus keduanya di Kecamatan Wori tadi sore sekitar pukul 17.00 Wita, ketika hendak mengambil uang sisa hasil penjualan. Awalnya, petugas menangkap pembeli motor curian. Setelah pengembangan, polisi kemudian menangkap Adam dan Inneke.

Menurut Inneke, sekitar empat hari lalu, sewaktu hendak pulang dari Taman Kesatuan Bangsa (TKB) tempatnya sering bekerja serabutan, dia melihat sebuah motor jenis Yamaha Jupiter MX terparkir di dekat Hotel Happy.

"Kuncinya tergantung di motor. Jadi saya dorong hingga ke tempat kos. Yang punya tidak tahu dimana," jelas Inneke.

Setelah itu, dia bertemu Adam yang menurut pengakuannya baru saja dikenal. Adam sehari-hari bekerja sebagai buruh angkut di Pasar Bersehati. Inneke lalu meminta Adam menjual motor itu dengan janji memberi imbalan Rp 500.000.

"Saya kemudian menghubungi teman saya Jimmy. Dia yang tahu tempat menjual motor. Kami jual Rp 3 juta. Dia baru bayar Rp 2 jutan," jelas Adam.

Pada saat hendak mengambil sisa uang itu, mereka berdua kemudian dibekuk polisi. Inneke mengaku menyesal dengan perbuatannya. Dia menampik kalau dia sudah biasa mencuri motor. "Baru kali ini saya melakukannya. Saya tobat," ujarnya.

Kini polisi sedang mengembangkan kasus ini, dan masih mencari keberadaan Jimmy yang memberi rekomendasi tempat menjual barang curian.

Motor yang dicuri ternyata merupakan milik seorang anggota polisi, dengan nomor polisi DB 9349 LH. Sewaktu disita, plat nomor polisinya telah mereka ganti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com