Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratakan Tanah, Sopir Ekskavator Temukan Mortir

Kompas.com - 02/12/2013, 17:08 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis


SURABAYA, KOMPAS.com — Sebuah mortir dengan panjang 72 sentimeter dan diameter 28 sentimeter ditemukan di Jalan Benteng Miring, Surabaya, Senin (2/12/2013).

Tim Gegana Polda Jatim masih meneliti status mortir perang tersebut, apakah masih aktif atau sudah tidak aktif. "Jika meledak, mortir ini bisa menghancurkan semua barang sampai radius 100 kilometer," kata Kepala Humas Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, AKP Lily Djafar.

Mortir yang terlihat seperti bongkahan batu itu ditemukan seorang sopir ekskavator, Muhammad Adin (36), saat bekerja meratakan tanah di lahan milik PT Kereta Api Indonesia (KAI). Tanah tersebut diratakan karena akan dipasang paving blok.

"Mulanya penemuan itu tidak dilaporkan ke polisi, karena oleh warga akan dijual kiloan ke pengepul besi. Tapi, untungnya ada warga yang melapor ke polsek terdekat," ujarnya.

Informasi dari warga itu langsung diteruskan ke jajaran Polres Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya. Setelah dipastikan barang tersebut adalah mortir, maka polisi langsung menghubungi Tim Gegana Polda Jatim untuk segera mengevakuasi.

Kata Lily, mengingat bentuk mortir yang cukup besar, polisi dibantu warga sempat mengalami kesulitan saat mengevakuasi benda itu ke mobil Gegana. Mortir akhirnya bisa dipindahkan setelah diangkat belasan orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com