Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terseret Kasus Cuci Uang, Istri Akil Tunjuk Pengacara

Kompas.com - 17/10/2013, 10:50 WIB
Agustinus Handoko

Penulis

PONTIANAK, KOMPAS.com — Istri Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) nonaktif Akil Mochtar, Ratu Rita Akil, memberi kuasa kepada pengacara Tamsil Sjoekoer menyusul disebut-sebutnya nama CV RS sebagai tempat pencucian uang.

Badan usaha yang berkantor di Kota Pontianak itu disebut-sebut menjadi tempat pencucian uang milik Akil. Namun, melalui Tamsil, Ratu membantah tuduhan itu.

"Badan usaha itu bergerak dalam bidang tambak ikan arwana, perkebunan kelapa sawit, pertambangan batu bara, dan perdagangan valuta asing. Semua transaksi melalui badan usaha itu bisa dipertanggungjawabkan," kata Tamsil, Kamis (17/10/2013).

CV RS terdaftar dan memiliki izin resmi dari Pemerintah Kota Pontianak. Badan usaha itu berkantor di Jalan Karya Baru, Kota Pontianak, atau berada di rumah milik Akil.

Walaupun Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) belum menjerat Akil dengan tindak pidana pencucian uang, Tamsil tetap akan menyiapkan tim. "Sampai saat ini, tidak ada tindak pidana pencucian uang yang disangkakan kepada Pak Akil. Namun, berhubung CV RS sudah berkali-kali disebut, kami akan menyiapkan bukti-bukti jika suatu saat nanti diperlukan," kata Tamsil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com