Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Bengkulu: Daging Kurban Jangan Dibungkus Plastik Hitam

Kompas.com - 15/10/2013, 16:39 WIB
Kontributor Bengkulu, Firmansyah

Penulis

BENGKULU, KOMPAS.com - Kepala Bidang Kesehatan Hewan , Dinas Perternakan Provinsi Bengkulu, Novi Yeni mengimbau agar daging kurban tidak dimasukkan ke dalam kantong plastik atau kresek berwarna hitam.

Sebab, kata Yeni, daging kantong kresek warna hitam mengandung zat kimia yang mengandung racun karsinogen yang bisa memicu timbulnya kanker.

Bagi warga yang mendapatkan jatah daging yang dibungkus plastik warna hitam, harus segera mencuci daging itu dengan air mengalir.  Sebab, daging sapi dan kambing memiliki kesegaran dengan waktu maksimal lima jam, sehingga pencucian daging mesti dilakukan secepatnya.

''Kantong plastik warna hitam keresek itu, mengandung zat kimia. Dari sana juga menimbulkan zat racun. Nah, untuk warga yang mendapatkan jatah daging itu harus segera di keluarkan dan dicuci dengan air yang bersih agar zat kimia yang menempel hilang,'' jelas Novi.

Penjelasan ini disampaikan Novi dalam inspeksinya ke pemotongan hewan kurban di rumah dinas Giubernur Bengkulu. Selasa, (15/10/2013). Senyawa karsinogen dapat mengakibatkan kanker jika terpapar dalam jangka waktu panjang.

Sehingga, Novi menyarankan sebaiknya panitia kurban menggunakan plastik berwarna transparan atau putih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com