Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

NU Tetapkan Idul Adha pada 15 Oktober

Kompas.com - 10/10/2013, 13:17 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com — Nahdatul Ulama (NU) telah menetapkan bahwa hari raya Idul Adha atau 10 Zulhijah 1434 Hijriah jatuh pada Selasa (15/10/2013) pekan depan.

Kepastian itu berdasarkan hasil rukyat tim Kementerian Agama bahwa tanggal 1 Zulhijah 1434 Hijriah jatuh pada tanggal 6 Oktober 2013. "Dengan demikian, maka Hari Arofah atau 10 Zulhijah jatuh pada tanggal 15 Oktober. Kami sudah melakukan rukyat dan hisab," kata Koordinator Bidang Rukyat PWNU Jawa Timur, Saleh Hayat, Kamis (10/10/2013).

Hilal, kata Saleh Hayat, tidak terlihat di 12 titik pantau hilal di Jawa Timur karena terhalang mendung, tetapi terlihat di salah satu tempat di Kendari, Sulawesi Tenggara, oleh tim dari Kementerian Agama (Kemenag) Kendari. Saat itu, tim rukyat melihat hilal pada posisi 2 derajat hingga 5 derajat.

Penetapan hari raya Idul Adha diperkirakan tidak berbeda antara ormas NU dan Muhammadiyah yang menggunakan metode hisab. "Diperkirakan sama antara NU dan Muhammadiyah. Bahkan, di Arab Saudi juga sama hari rayanya," tambah Saleh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com