Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nenek Lumpuh Ini Habiskan Sisa Hidup di Gubuk Reot

Kompas.com - 01/10/2013, 10:52 WIB
Kontributor Polewali, Junaedi

Penulis

POLEWALI MANDAR, KOMPAS.com - Selama satu tahun terakhir sejak mengalami kelumpuhan, Jamisa (60), seorang nenek yang hidup sebatangkara di Polewali Mandar, hanya menghabiskan sisa hidupnya di dalam gubuk reotnya di Desa Pasiang, Dusun Tabone, Kecamatan Matakali.

Jangankan untuk bekerja menghidupi diri, untuk mandi dan buang air besar pun, Jamisa harus menanti bantuan dari para tetangga yang masih peduli kepadanya.

Di dalam gubuk berukuran 4x6 meter, Jamisa hidup sendiri setelah ditinggal mati oleh suaminya lima tahun silam. “Sakitnya sejak tujuh tahun lalu, tapi baru lumpuh total lebih dari setahun lalu. Saya hanya bisa menggerakkan tangan, semua tetanggalah yang bersimpati membantu saya mulai dari makan dan mengurus pakaian,” ujar Jamisa yang ditemui belum lama ini.

Berkali-kali Jamisa mencoba mengobati sakitnya ke Puskesmas atau bahkan dukun kampung, namun kondisinya tak kunjung membaik, Bahkan kini ia menjadi lumpuh total.

Dua anaknya yang sudah menikah kini merantau ke Malaysia untuk mencari nafkah. Akhirnya, tak jarang, para tetangga bergantian membawa makanan atau minuman untuk Jamisa.

Kini, alasan biaya menjadi satu-satunya kendala bagi Jamisa untuk mencari kesembuhan.

Ahmad Jais, salah seorang tetangga yang menaruh prihatin atas nasib janda lumpuh yang tak berdaya ini berharap ada upaya serius Pemerintah untuk mebantu kesembuhan Jamisa.

“Kasihan, janda miskin hidup sendiri dalam keadaan lumpuh. Jangankan bekerja makan saja harus membutuhkan pertolongan orang lain,” ujar Ahmad Jais.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com