Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Tangkap Pemilik Setengah Kilogram Sabu

Kompas.com - 20/09/2013, 10:53 WIB
Kontributor Bengkulu, Firmansyah

Penulis

BENGKULU, KOMPAS.com — Jajaran Polres Rejang Lebong dan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Lubuk Linggau meringkus RU (25), bandar sabu lintas provinsi, beserta barang bukti serbuk sabu seberat setengah kilogram. Penangkapan terjadi di Desa Kasie Kasubun, Kecamatan Padang Ulak Tanding, Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, Jumat (20/9/2013).

Ru diketahui kerap menyuplai barang haram tersebut, mulai dari Provinsi Bengkulu hingga Kota Lubuk Linggau, Provinsi Sumatera Selatan.

Selain mengamankan sabu yang senilai Rp 500 juta tersebut, aparat juga menyita alat timbang digital, uang tunai Rp 19 juta, dan plastik pembungkus sabu berbagai ukuran. Ru dibekuk saat beristirahat di rumahnya di Kasie Kasubun.

"Pelaku telah hampir satu bulan ini kita intai karena dia adalah pengedar antarprovinsi dan termasuk pelaku narkoba kelas kakap," kata Kepala Polres Rejang Lebong AKBP Edi Suroso.

Dia menjelaskan, tertangkapnya Ru berkat peran aktif pihak BNN Kota Lubuklinggau dan warga sekitar rumah tersangka. Diketahui, bandar ini sebelumnya berperan sebagai pengantar atau kurir antarbandar besar yang ada di Kabupaten Rejang Lebong.

Namun, berkat kemampuan dan keberanian tersangka, ia nekat beralih profesi menjadi bandar besar.

Dijelaskan Edi, cara yang digunakan komplotan ini dengan sistem ambil barang baru kemudian uang dikirim. Artinya, tidak ada pemodal di balik bandar yang saat ini ditangkap oleh polisi tersebut. Namun, besar dugaan jika tersangka terlibat dalam hal pencucian uang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com