Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Partai Nasdem Bahas Dukungan Pilgub Jatim

Kompas.com - 16/08/2013, 19:44 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis


SURABAYA, KOMPAS.com - DPW Partai Nasdem Jawa Timur hari ini, Jumat (16/8/2013) menggelar konsolidasi dan koordinasi menjelang Pemilu 2014. Dalam konsolidasi yang akan dihadiri Ketua Umum Surya Paloh tersebut, juga akan ditentukan secara resmi dukungan politik partai baru ini pada suksesi Pilgub Jatim.

Sekretaris DPW Partai Nasdem Jatim Aminurahman mengatakan, meskipun bukan termasuk partai pengusung pasangan cagub-cawagub Jatim, namun aspirasi politik kader Partai Nasdem perlu diwadahi.

''Kami memiliki massa riil sekitar 1,6 juta suara dari kader struktural hingga ke tingkat desa/kelurahan, itu belum simpatisan partai yang jumlahnya tidak terdata,'' katanya.

Apa kriteria pasangan cagub-cawagub Jatim yang diinginkan Partai Nasdem? Kata Aminurahman, yang pasti harus memiliki semangat restorasi dan perubahan, apapun itu bentuk visi dan misinya.

''Misi restorasi harus ada dan dijalankan oleh pasangan cagub-cawagub Jatim yang akan kami dukung nanti,'' tambahnya.

Semua pasangan calon, kata dia, secara informal sudah sempat berkomunikasi dengan Partai Nasdem, namun keputusan akan ditetapkan dalam forum konsolidasi hari ini di Hotel Utami Juanda, Sidoarjo, setelah melalui konsultasi dengan dewan pertimbangan dan ketua umum partai.

Sementara itu, tahapan Pilgub Jatim hari ini sudah memasuki masa kampanye hingga 25 Agustus mendatang. Empat pasang cagub-cawagub Jatim yang akan bertarung pada pilgub tahun ini adalah Soekarwo-Saifullah Yusuf yang didukung mayoritas partai parlemen dan nonparlemen; pasangan jalur independen Eggi Sudjana-Muhammad Sihat; Bambang Dwi Hartono-Said Abdullah yang diusung PDI-P, dan; Khofifah Indar Parawansah-Herman Surjadi Sumawiredja yang diusung PKB dan lima partai nonparlemen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com