Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tersesat 4 Hari di Merapi, Pendaki Rusia Jalani Pemulihan di RS Sardjito

Kompas.com - 16/08/2013, 04:15 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Setelah empat hari tersesat, pendaki asal Rusia, Ehbrewnin Yevgeniy (26), sampai juga di posko operasi SAR Kinahrejo, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Kamis (15/8/2013) sekitar pukul 20.45 WIB. Kini dia sedang menjalani perawatan pemulihan.

Meski telah empat hari tersesat di lereng Merapi, tetapi Yevgeniy atau biasa dipanggil Leogine masih sanggup berjalan bersama tim SAR sampai ke posko tersebut. Sesampainya di posko operasi SAR Kinahrejo, Yevgeniy langsung diperiksa oleh tim medis Polda DIY dan kemudian dibawa ke Rumah Sakit Sardjito di Yogyakarta untuk pemulihan kondisi.

"Kami mengapresiasi semua pihak yang telah terlibat langsung dalam evakuasi korban," ujar Seksi Operasi Basarnas Waluyo Raharjo seusai penyelamatan Yevgeniy. Dia pun berharap kejadian ini menjadi perhatian para pendaki lain untuk lebih berhati-hati. Medan pendakian di Gunung Merapi, imbuh dia, cukup terjal dan banyak terdapat jurang dalam.

Staf Humas Basarnas DIY Rahmawati mengungkapkan, sewaktu ditemukan, kondisi Yevgeniy tidak stabil. Ditemukan pula luka lecet di kaki dan tangannya. "Proses evakuasi cukup lama karena di Merapi tertutup kabut. Namun demikian, korban bisa tiba dengan selamat," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com