Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Teriakan "Help Me", Pendaki Rusia Diduga Masih Hidup

Kompas.com - 13/08/2013, 20:28 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Pendaki asal Rusia, Ehbrewhnin Yevgeniy (26), yang tersesat saat melakukan pendakian di Gunung Merapi pada Sabtu (10/8/2013) diperkirakan masih dalam kondisi hidup. Pasalnya, tim SAR yang melakukan pencarian di daerah Srimanganti mendengar teriakan minta tolong.

"Tim SAR mendengar teriakan 'help me' berkali-kali, suara berasal dari sebelah barat Srimanganti," kata Kepala Polsek Cangkringan AKP Surahman saat ditemui di Pos SAR Kinahrejo, Selasa (13/8/2013) sore.

Surahman mengungkapkan, sebagai langkah lanjutan dari perkembangan pencarian, petang ini tim evakuasi berjumlah 17 orang dikerahkan untuk mengetahui posisi korban dan memastikan jalur evakuasi.

Sebanyak 17 orang yang diterjunkan terdiri dari 10 orang tim vertical rescue, dua anggota medis, dan sisanya penunjuk jalan. Menurutnya, sampai sejauh ini belum ada konfirmasi kepada keluarga korban dan Kedutaan Besar Rusia.

Polisi akan lebih dulu mengklarifikasi teman wanita korban bernama Ester Cristian, warga Nologaten, Depok, Sleman.

Hingga saat ini, tercatat regu penyelamat yang diterjunkan untuk melakukan pencarian berjumlah lebih dari 100 orang. Mereka terdiri atas tim gabungan SAR dan personel Polres Sleman serta Polda DIY.

Sementara itu, Komandan Operasi SAR DIY Feri Ardianto mengatakan, komunikasi yang dilakukan dengan korban baru sebatas teriakan. Tim akan berusaha secepat mungkin tiba di lokasi asal suara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com