Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Perketat Penjagaan di Pusat Perdagangan Emas

Kompas.com - 30/07/2013, 13:54 WIB
Kontributor Surakarta, M Wismabrata

Penulis


SOLO, KOMPAS.com - Memasuki H-7 Lebaran, aparat kepolisian mulai melakukan penjagaan di beberapa titik vital rawan tindak kejahatan termasuk kawasan pertokoan emas di Solo, Jawa Tengah.

Jajaran Polsek Pasar Kliwon, Solo melakukan penjagaan di kawasan pertokoan emas di Coyudan, Pasar Kliwon, Selasa (30/7/2013). Kurang lebih 30 toko emas menjadi perhatian petugas kepolisian dengan maraknya tindak kejahatan menjelang Lebaran.

Dari pengamatan Kompas.com, terdapat dua petugas yang bersenjata laras panjang, satu unit mobil patroli dan beberapa petugas dengan pakaian preman yang ditempatkan di beberapa titik.

"Untuk mengantisipasi adanya tindak kejahatan saat menjelang Lebaran, khususnya di toko emas, petugas mencoba mengantisipasinya dengan menyiagakan aparat di lokasi, terutama di jam-jam rawan. Seperti siang hari dan menjelang tutup toko yaitu sekitar pukul 15.00," kata AKP Parni Handoko, Kapolsek Pasar Kliwon, di lokasi pengamanan, Selasa.

Petugas juga memeriksa beberapa toko emas dan mengecek perangkat kamera tersembuyi atau CCTV di toko. Petugas mengimbau pemilik toko untuk memastikan bahwa CCTV dalam kondisi baik dan bisa beroperasi.

Petugas juga mengimbau agar pemilik toko untuk menggalang pengamanan di lingkungan mereka bersama warga di sekitar toko sehingga tindak kejahatan bisa minimalisir.

"Memang setiap tahun menjelang Lebaran kita tambah sistem pengamanan, baik dari pihak polsek atau swadaya kampung. Karena seiring banyaknya warga yang membeli emas, begitu juga dengan penjahat," kata Totok, salah satu supervisor Toko Emas Mahkota di Coyudan.

Setelah memeriksa CCTV, petugas berpatroli di kawasan Coyudan yang terkenal sebagai pusat perdagangan emas di Solo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com