Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Siswa Ini Mencuri Rongsokan demi Biaya Sekolah

Kompas.com - 04/07/2013, 20:47 WIB
Kontributor Polewali, Junaedi

Penulis


POLEWALI MANDAR, KOMPAS.com - Dua siswa SMA di Polewali Mandar, Sulawesi Barat terpaksa digelandang aparat Polsek Polewali Mandar lantaran terpergok mencuri barang rongsokan di sebuah gudang, Kamis (4/7/2013) dini hari tadi. Il dan Ba mengaku mencuri kaleng bekas dan besi tua karena butuh uang untuk membeli perlengkapan sekolah.

“Penghasilan orangtua saya tak cukup memenuhi kebutuhan biaya sekolah seperti membeli baju sepatu atau buku,” kata Il sambil memegang jeruji besi ruang tahanan Mapolsek Polewali Mandar.

Ba juga mengaku mencuri lantaran dipengaruhi teman-temannya yang juga kerap berbuat hal serupa. Meski meminta maaf kepada pemilik barang rongsokan, Il dan Ba tetap digiring polisi untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

Tertangkapnya kedua siswa ini bermula ketika Sahir, pemilik gudang di Kelurahan Mambulilling, Polewali Mandar, memergoki kedua remaja ini tengah membawa kaleng-kaleng bekas dan besi tua seberat 20 kilogram dari gudang miliknya. Sahir pun berusaha menangkap kedua pelaku. Ba bisa ditangkap, sementara Il berhasil kabur.

Sahir kemudian menyerahkan Ba ke petugas Mapolsek Polewali Mandar. Setelah itu, polisi kemudian menangkap Il yang identitas dan alamat rumahnya diketahui melalui Ba. Il diciduk petugas di rumahnya saat sedang tidur.

Penggeledahan rumah Il di Jalan Baru, Polewali Mandar oleh petugas sempat membuat kaget orangtua dan sudara-saudaran tersangka. Orangtua Il baru mengerti setelah petugas menjelaskan keterlibatan Il dalam pencurian besi bekas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com