Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini 3 Status Afi yang Diduga Plagiat

Kompas.com - 13/06/2017, 13:16 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis

BANYUWANGI,KOMPAS.com - Nama Afi Nihaya Faradisa terkenal berkat status-statusnya yang dinilai menginspirasi menjadi viral. Namun, di tengah ketenarannya itu, ada netizen yang menduga bahwa beberapa status remaja itu merupakan hasil plagiarisme.

Berikut status-status Afi yang diduga plagiat tersebut:

1. Belas Kasih Dalam Agama Kita

Dugaan plagiat yang dilakukan akun Afi Nihaya Faradisa pertama kali muncul setelah netizen menulis Drama "Dugaan" Plagiarisme Afi Nihaya Faradisa pada 31 Mei 2017.

Netizen atas nama Pringadi Abdi Surya menulis "Tulisan Afi mengenai belas kasih ini bisa dibilang sama persis dengan tulisan Mita Handayani yang diunggah ke Facebook pada 30 Juni 2016. Bahkan status-status Afi yang lain, seperti soal warisan, ditengarai memiliki ruh yang sama dengan narasi sebuah video viral yang juga diterjemahkan oleh Mita." (Baca: Drama "Dugaan" Pagiarisme Afi Nihaya Faradisa)

Dia juga mengunggah screenshoot tulisan Mita Handayani yang berjudul Agama Kasih yang diunggah pada 30 Juni 2016 dan membandingkan dengan status Afi yang bejudul Belas Kasih Dalam Agama Kita  yang diunggah pada 25 Mei 2017.

Namun setelah ramai kasus dugaan plagiat, akun atas nama Mita Handayani sudah tidak bisa lagi diakses

 

2. Bait puisi dalam status Dicurhatin Orang

Dalam status tanggal 17 April 2017 Afi menulis status mengenai mendengarkan curhat orang lain. Di akhir tulisannya dia mengutip selarik bait puisi, yang oleh netizen dinilai menukil dari karya puisi pihak lain.

Afi menulis: Akan aku kutip lagi salah satu bait puisiku di sini:
"Pernahkah kau menghadapi duniaku?
Menghabiskan satu menit di posisiku?
Jika tidak, katakan padaku mengapa Kau menghakimiku seperti itu"  
@afi.nihayafaradisa

 

Dugaan plagiat di status yang diunggah Afi pada 17 April 2017 tersebut muncul ketika netizen atas nama Syifa Ann menulis Afi Sayang, Kenapa Bongkar-Pasang Puisi Orang?

Dalam tulisannya, Syifa menyebutkan, dia menemukan versi utuh puisi tersebut dalam buku Chicken Soup For Teenage Soul on Tough Stuff. Versi utuh puisi itu dimuat di halaman 9-10 buku Chicken Soup.

"Tulisan itu milik Tifanny Blenvis, penulis asal Virginia, Amerika Serikat dan puisi itu dimuat dalam buku Chicken Soup yang diterbitkan Gramedia tahun 2003? Kenapa kamu mengutipnya tanpa Sumber Afi? Apa susahnya menuliskan "Chicken Soup" atau "saya membaca dari Chicken Soup" kalau kamu tidak kenal siapa itu Tiffanny," tulis Syifa.

Dia juga menemukan postingan Afi pada tanggal 7 Maret 2017 yang bejudul "Pernahkah Kau" yang merupakan bongkar pasang puisi Tiffanny. pada postingan Afi, menurut Syifa ada penempatan lirik yang di rubah dan diganti dengan "Dari Afi" pada paragraf terakhirnya. (Baca:  Afi Sayang, Kenapa Bongkar-Pasang Puisi Orang?)

3.Warung Makan

Halaman:

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com