Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PKB Intensifkan Konsolidasi Pilkada Jateng dengan Seluruh DPC

Kompas.com - 13/05/2017, 22:43 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) melakukan konsolidasi ke daerah-daerah dalam rangka memperkenalkan Marwan Jafar sebagai figur yang akan diusung menjadi bakal calon gubernur pada Pilkada Jawa Tengah 2018.

Ketua tim pemenangan Marwan Jafar yang juga Wakil Ketua DPRD Jateng, Sukirman mengatakan bahwa PKB menggelar acara Halaqoh Ulama Rakyat di Ponpes Al-Barokah, Wonosari, Klaten, Sabtu (13/5/2017).

Acara yang dia sebut dihadiri sekitar 500 peserta dari Solo Raya itu digelar dengan tujuan konsolidasi Pilkada Jateng 2018 serta mengenalkan mantan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Marwan Jafar, sebagai figur yang akan diusung menjadi bakal cagub.

"Hal itu terus kami konsolidasikan agar perjalanan ke depan lebih mulus. Semua sudah siap, struktur komplet, dan halaqoh ini salah satu wujud kegiatan konsolidasi,” kata Sukirman, dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Sabtu malam.

(baca: Ditunjuk PKB Jadi Cagub Jateng, Marwan Jafar Mulai Blusukan ke Daerah)

Menurut Sukirman, PKB masih perlu menyiapkan koalisi dengan partai lain karena tak bisa mengusung calon sendiri pada Pilkada Jateng 2018. Marwan dinilai sebagai salah satu kader terbaik PKB dan didukung arus bawah.

Konsep PKB, kata Sukirman, antara lain membangun Jawa Tengah tanpa radikalisme, mengentaskan kemiskinan, membangun madrasah dan pondok pesantren serta memberikan solusi pada persoalan-persoalan di Jateng demi menyejahterakan masyarakat.

Selain di Solo, konsolidasi sudah dilakukan di berbagai kabupaten/kota lainnya, antara lain di Pati, Blora, Magelang, Semarang, Brebes, dan Tegal.
 
Sementara itu, Ketua DPW PKB Jateng Yusuf Chudlori menyampaikan pada Pilkada Jateng 2018 dibutuhkan mesin politik yang solid dan PKB menyiapkan hal itu dengan turun ke DPC-DPC demi menyiapkan mesin politik hingga tingkat PAC dan ranting.

“Di internal sudah solid, sudah jalan. Pak Marwan juga tak henti menyapa internal dan struktur," ucap Yusuf.

(baca: Cara PKB Menangkan Marwan Jafar di Pilkada Jateng 2018)


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com