Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cuaca Buruk, Harga Cabai Rawit di Tasikmalaya Capai Rp 130.000 Per Kg

Kompas.com - 10/02/2017, 14:03 WIB
Irwan Nugraha

Penulis

TASIKMALAYA, KOMPAS.com - Diduga akibat cuaca buruk yang berimbas pada petani cabai di wilayah Tasikmalaya dan sekitarnya, harga cabai rawit di Tasikmalaya meroket menjadi Rp 130 ribu per kilogramnya, Jumat (10/2/2017).

Sejauh ini, pemerintah dinilai belum bisa mengontrol dan menstabilkan kembali harga cabai rawit di pasaran. Sebulan lalu, harganya hanya berkisar Rp 80.000-Rp 90.000 per kilogram, maka kini telah menyentuh Rp 130.000 per kilogram. Harga tersebut, khusus untuk cabai rawit yang memiliki ukuran lebih besar dari rata-rata.

Kondisi ini pun dikeluhkan oleh masyarakat. Tidak hanya konsumen, akan tetapi juga para pedagang yang terkena imbasnya karena penjualan mereka menurun.

Di Pasar Singaparna, pasokan cabai rawit dalam sebulan terakhir ini terus mengalami penyusutan hingga harga jual di para pedagang pun terus naik.

Rini Mulyani (30), salah seorang pedagang di Pasar Singaparna, menjelaskan, kenaikan harga cabai cengek terus terjadi sejak memasuki awal tahun 2017. Hingga puncaknya saat ini yakni mencapai Rp 130.000 per kilogram.

"Jumlah pembeli pun berkurang. Jika biasanya mereka membeli setengah kilo, kini paling cuman satu ons saja," ungkap Rini.

Yuyun (53), pedagang lainnya, menyebutkan, bila biasanya dia menerima pasokan sampai 5 kilogram cabai cengek jenis inul perhari, kini paling hanya setengah kilo saja. Dia pun khawatir cabai jualannya tidak laku dan membusuk karena harga yang dinilai terlalu mahal oleh pembeli.

"Kami juga tidak membeli terlalu banyak, karena selain mahal juga dikhawatirkan tidak laku," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com