Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waspadai Curah Hujan Tinggi hingga Akhir Oktober

Kompas.com - 27/10/2016, 19:31 WIB
Rosyid A Azhar

Penulis

GORONTALO, KOMPAS.com – Hujan dengan intensitas tinggi diperkirakan akan terjadi di sejumlah daerah di Indonesia hingga akhir bulan ini.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Gorontalo memprakirakan hujan lebat masih terus terjadi di wilayah tersebut hingga akhir Oktober 2016.

Kepala Data dan Informasi BMKG Gorontalo Fatuhri Syahbani mengingatkan masyarakat dan semua pihak di Gorontalo untuk mewaspadai dampak hujan yang berkepanjangan.

"Curah hujan masih tinggi di seluruh Provinsi Gorontalo," kata Fatuhri, Kamis (27/10/2016).

Menurut Fatuhri, bencana banjir dan tanah longsor yang terjadi di Gorontalo saat ini berhubungan langsung dengan tingginya curah hujan.

Akibatnya, sungai tidak bisa menampung seluruh air dan meluber hingga melanda sejumlah kabupaten.

Di Kecamatan Bilato Kabupaten Gorontalo, ketinggian air banjir hingga menenggelamkan rumah, yang tersisa hanya bubungan atap.

Tidak ada laporan korban jiwa dalam peristiwa itu.

Sementara itu, Kepala Stasiun Geofisika BMKG Banjarnegara Teguh Rahayu mengingatkan bahwa ada potensi hujan disertai petir yang akan terjadi di wilayah Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, dalam beberapa hari ke depan.

Hujan diperkirakan terjadi di wilayah tersebut antara siang hingga malam hari. Pada pagi hari, cuaca cerah berawan.

"Banjarnegara diprediksi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai petir. Musim penghujan di Banjarnegara dan sekitarnya memang telah terjadi sejak bulan September akhir," kata Teguh seperti dikutip Antara.

BMKG mengingatkan masyarakat untuk selalu waspada terhadap dampak yang ditimbulkan dari hujan berintensitas tinggi, misalnya banjir, longsor, pohon tumbang, genangan air.

Tahun ini, setidaknya ada tiga kejadian longsor di wilayah Banjarnegara. Sedikitnya tujuh orang tewas akibat bencana tersebut.

Ancaman hujan disertai angin kencang dan gelombang tinggi air laut juga diperkirakan terjadi di perairan selatan Pulau Jawa hingga akhir bulan ini.

(Baca juga Warga Yogyakarta Diminta Waspada Hujan Lebat dan Gelombang Tinggi)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com