Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antisipasi Macet di Brebes Timur, Helikopter Disiagakan di Bandara Ahmad Yani

Kompas.com - 09/09/2016, 22:58 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com - Untuk mengantisipasi kemacetan lalu lintas saat libur Idul Adha, Basarnas Kantor SAR Semarang menyiagakan anggotanya yang berkualifikasi vehicle accident rescue di pintu keluar tol Brebes Timur selama tiga hari mulai Jumat (9/9/2016).

Kepala Basarnas Kantor SAR Semarang Agus Haryono mengatakan, penyiagaan tim SAR ini untuk mendukung Kementerian Perhubungan dan Polri dalam pengamanan arus mudik Idul Adha 1437 Hijriah yang diperkirakan akan mulai meningkat hari ini.

Kesiapsiagaan itu ditandai dengan mendirikan posko di Brebes Timur dan akan melakukan patroli siaga di sekitar pintu keluar tol Brebes Timur. SAR juga berkoordinasi dengan Polres Brebes, Dishubkominfo Kabupaten Brebes dan pengelola jalan tol.

"Posko Basarnas dan tim SAR gabungan akan mulai beroperasi hari ini hingga senin (12/9/2016) untuk antisipasi kemungkinan-kemungkinan yang tidak kita harapkan, seperti kecelakaan lalu lintas yang memerlukan penanganan evakuasi khusus," ujar Agus, Jumat.

Selain SAR darat, untuk antisipasi evakuasi medis udara, Basarnas juga menyiagakan satu unit helikopter jenis Dauphin di Bandara Ahmad Yani Semarang. Helikopter ini sewaktu-waktu dapat digerakkan jika akses darat lumpuh total.

"Satu unit helikopter Basarnas jenis Dauphin kita siagakan untuk mendukung kelancaran evakuasi SAR bila terjadi suatu musibah, seperti kecelakaan lalu lintas dan membutuhkan evakuasi yang cepat melalui udara," kata dia.

Ia berharap, dengan adanya siaga Basarnas untuk menghadapi libur Idul Adha ini, masyarakat yang akan melakukan perjalanan darat akan merasa aman dan nyaman.

Sementara itu, Polres Semarang yang bertangungjawab pada penggal jalur utama Semarang-Solo dan Semarang-Yogyakarta telah menyiapkan 767 personel untuk mengantisipasi kemacetan dan pengamanan selama libur Idul Adha.

Seluruh petugas telah diapelkan pada Kamis (8/9/2016) kemarin di lapangan apel Mapolres Semarang.

Kepala Polres Semarang AKBP V Thirdy Hadmiarso mengatakan, selain memperlancar arus lalu lintas dan keamanan, pihaknya juga akan melaksanakan pengamanan malam takbir, pelaksanaan shalat Idul Adha 1437 H dan tempat pembagian daging hewan korban.

"Sebanyak 767 personel disiapkan untuk melakukan pengamanan di tempat-tempat tertentu seperti tempat ibadah, lokasi salat Idul Adha, tempat wisata, perumahan, dan SPBU," kata Thirdy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com