Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ujian Nasional di SMKN 1 Pinrang Terganggu akibat Jaringan Lokal Tersendat

Kompas.com - 07/04/2016, 17:07 WIB
Laksono Hari Wiwoho

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Gangguan jaringan yang dialami saat ujian nasional berbasis komputer di SMK Negeri 1 Pinrang, Sulawesi Selatan, Selasa (5/4/2016), terjadi karena gangguan pada jaringan lokal di sekolah tersebut.

Kencana Wulan dari Corporate Communication Telkom kepada Kompas.com, Kamis (7/4/2016) mengatakan, kendala itu bukan akibat gangguan jaringan internet yang disediakan oleh PT Telkom.

Pernyataan tersebut mengklarifikasi pemberitaan Kompas.com sebelumnya tentang gangguan jaringan internet di sekolah tersebut.

(Baca Jaringan Internet Lelet, Peserta UN Terpaksa Pakai Modem)

Wulan mengatakan, penyelenggaraan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) menggunakan sistem semi-online.

Dengan sistem tersebut, soal ujian dikirim dari server pusat secara online melalui jaringan (sinkronisasi) ke server lokal di sekolah yang mengadakan UNBK. Proses ini dilakukan pada 31 Maret 2016 oleh seluruh sekolah peserta UNBK.

"SMK Negeri 1 Pinrang sudah berhasil mendownload soal ujian nasional dari server pusat ke server sekolah sebelum hari pertama pelaksanaan UNBK," kata Wulan.

Pada saat pelaksanaan ujian, para siswa mengerjakan soal yang dilayani oleh server di sekolah tersebut secara offline. Setelah selesai, hasil ujian dikirim kembali dari server lokal ke server pusat secara online (upload).

Terkait problem yang terjadi di SMK Negeri 1 Pinrang, Wulan menyatakan bahwa gangguan itu terjadi pada jaringan lokal di luar layanan UNBK yang disediakan oleh Telkom.

"Pada saat UNBK berlangsung, sempat terjadi gangguan, yakni ketika siswa mengakses soal dari server sekolah tersebut. Hal ini bukan akibat gangguan jaringan internet yang disediakan oleh Telkom, akan tetapi akibat gangguan dari jaringan lokal sekolah tersebut," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com