Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SBY: Pancasila is The Best

Kompas.com - 30/03/2016, 12:30 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com - Presiden RI keenam Susilo Bambang Yudhoyono menegaskan Pancasila merupakan dasar yang tepat bagi Indonesia. SBY merespons keluhan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang mengeluhkan soal masih banyaknya ideologi warga yang tidak sesai dengan konstitusi.

"Setelah berkeliling dunia, 10 tahun jadi presiden, 5 tahun menteri, 30 tahun di TNI, Pancasila is the best. Jangan pernah ragu menyampaikan itu," kata SBY, di sela memberikan orasi ilmiah dalam Dies Natalis Universitas Negeri Semarang, Rabu (30/3/2016).

Pancasila, merupakan dasar dan falsafah bangsa, sehingga penting untuk merawatnya. "Tadi pak Ganjar ingatkan dunia bergolak," kata SBY.

SBY mengatakan, semua presiden di Indonesia telah bekerja keras agar negara ini bisa terus tumbuh. Segala masalah bangsa juga coba diselesaikan. Namun demikian, masih banyak capaian dan masalah yang belum terselesaikan.

"Sebagai pangsiunan presiden, 10 tahun berusaha terbaik, tidak ada presiden bawa negaranya diam di tempat, " tambah Ketua Umum Partai Demokrat ini.

Berbagai capaian itu diklaim SBY telah diakui dunia internasional. Ia pun yakin bahwa penerusnya, Jokowi mampu meneruskan apa yang telah dilakukannya selama 10 tahun.

Sebelumnya, Ganjar dalam mengatakan ideologi warga yang ada di Jateng belum selesai. Masih banyak warga yang ideologinya dianggap 'melenceng' dari konstitusi.

"Jateng ini ada problem besar. Ada ISIS, secara ideologis itu pekerjaan rumah kita, bagaimana menyelesaikan persoalan itu," ujar Ganjar.

"Tidak boleh bergeser 1 mili meter pun, maka tugas kita menyampaikan ke masyarakat soal NKRI," kata Ganjar lagi. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com