Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KPU Kendal Bakar Ribuan Surat Suara dan Formulir Pemilihan Bupati-Wakil Bupati

Kompas.com - 09/12/2015, 03:05 WIB
Kontributor Kendal, Slamet Priyatin

Penulis

KENDAL, KOMPAS.com - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kendal memusnahkan ribuan surat suara serta formulir pemilihan bupati dan wakil bupati Kendal 2015, Selasa (8/12/2015).

Ribuat surat suara dan formulir pemilihan itu dibakar di halaman Kantor KPU Kendal. Menurut ketua KPU Kabupaten Kendal Wahidin Said, jumlah surat suara yang rusak totalnya 1.625 surat suara.

Sedang total formulir yang rusak tercatat lebih dari 14.260 lembar. Formulir itu meliputi, model C-KWK, C1-KWK, lampiran Model C1-KWK, model C1-KWK Plano, Model C2-KWK, Model C3-KWK, Model C4-KWK, Model C5-KWK, Model C6-KWK, dan Model C7-KWK.

"Pemusnahan kami lakukan dengan disaksikan Panwaskab dan Kapolres Kendal," kata Said.

Ia menambahkan semua logistik pemilihan bupati dan wakil bupati Kendal sudah sampai di semua desa.

Pengiriman logistik dilakukan dengan pengawalan petugas dari kepolisian dan Linmas. (Baca: KPU Kota Magelang Bakar 12 Lembar Surat Suara )

"Kotak suara berisi logistik, mulai surat suara hingga bantalan dan alat coblos serta formulir, sebelumnya sudah kami kirim ke kecamatan. Saat ini sudah ada di desa-desa dan malam ini harus sudah sampai di TPS-TPS," tutur dia.

Secara terpisah, Kapolres Kendal AKBP Widi Atmoko mengatakan bahwa pihaknya telah menerjunkan 550 personil untuk mengamankan jalannya pemilihan bupati dan wakil bupati Kendal 2015.

"Sebanyak 393 personil untuk berjaga-jaga di TPS, sisanya akan ditempatkan di empat kawedanan, yaitu kawedanan Boja, Sukorejo, Weleri dan Kaliwungu, "kata Widi Atmoko. (Baca: KPU Jawa Tengah Kirim Surat Suara ke Kecamatan)

Kompas TV Ribuan Surat Suara Dimusnahkan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com