Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Risma Janji Selesaikan Masalah "Surat Ijo"

Kompas.com - 28/11/2015, 06:50 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Calon wali kota Surabaya petahana, Tri Rismaharini, berjanji akan menyelesaikan persoalan tanah milik pemerintah yang sudah bertahun-tahun ditempati warga Surabaya atau "Surat Ijo".

Risma mengaku sudah memiliki solusi terbaik untuk menyelesaikannya.

"Saya sudah temukan solusinya, tahun depan akan kami selesaikan masalah surat Ijo," janji Risma saat debat publik di arena DBL Surabaya, Jumat (27/11/2015) malam.

Tidak hanya itu, Risma juga berjanji akan menggratiskan pengurusan Surat Ijo bagi warga Surabaya.

"Surat Ijo akan kami tuntaskan, tanpa dipungut biaya, atau gratis," tambahnya.

Persoalan Surat Ijo disinggung oleh pasangan Rasiyo-Lucy Kurniasari dalam sesi tanya jawab debat publik yang dimoderatori oleh Sandrina Malakiano.

Menurut Rasiyo, lima tahun terakhir pemerintahan Risma gagal menyelesaikan persoalan warga Surabaya, diantaranya soal Surat Ijo.

"Bagaimana bisa menyelesaikan masalah lainnya, jika masalah surat Ijo saja belum bisa diselesaikan sampai hari ini. Warga hanya dibodohi saja," terang Rasiyo.

Surat Ijo adalah persoalan agraria yang sudah bertahun-tahun melanda warga kota Surabaya. Mereka tidak dapat menyurutkan tanah yang dia tempati, namun terus membayar retribusi kepada pemerintah. 

Pemegang ijin pemakaian tanah Surat Ijo di Surabaya mencapai 46.611 orang. Luasan tanah aset Pemkot Surabaya yang diterbitkan dalam bentuk Surat Ijo mencapai 8.319.081,62 meter persegi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com