Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Erupsi Sinabung Bisa hingga 5 Tahun, Pemerintah Siapkan Cara Penanganan Baru

Kompas.com - 30/06/2015, 18:07 WIB
Sabrina Asril

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Erupsi Gunung Sinabung di Kabupaten Tanah Karo, Sumatera Utara, diperkirakan akan berlangsung selama lima tahun. Pemerintah pun menyiapkan pola penanganan baru untuk menyelamatkan warga di sekitar Sinabung.

Menteri Kehutanan Siti Nurbaya mengatakan, vulkanologi memperkirakan erupsi Sinabung akan terus-menerus meski dengan volume erupsi yang tidak terlalu besar.

"Kedahsyatannya sepersepuluh Merapi, tapi keseterusannya bisa sampai 5 tahun," ujar Siti di kantor Sekretariat Kabinet, Jakarta, Selasa (30/6/2015).

Hari ini, Siti menggelar rapat bersama Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto, vulkanologi, dan juga Pangdam Bukit Barisan untuk membahas penanganan bencana Sinabung. Dari rapat itu, pemerintah sepakat bahwa penanganan Sinabung harus dengan cara baru.

Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto mengatakan, Presiden Joko Widodo juga akan menggelar rapat khusus membahas bencana Sinabung pada Kamis (2/7/2015). Dari hasil rapat itu, akan ada instruksi baru tentang pola penanganan Sinabung.

Panglima Daerah Bukit Barisan Mayjen Edy Rahmayadi mengharapkan pemerintah segera mengambil sikap. Pasalnya, semakin lama penanganan Sinabung dilakukan, maka dampaknya akan semakin besar dirasakan warga setempat.

"Kita berlomba dengan kesulitan manusia yang terkena erupsi supaya tidak kena erupsi," ujar dia.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat aktivitas Gunung Sinabung masih sangat tinggi. Pada Senin (29/6/2015) siang telah terjadi 67 kali guguran, 38 gempa hybrid , dan tremor terus-menerus.

Sementara pada Minggu (30/6/2015) pagi, terjadi erupsi dan luncuran awan panas guguran sejauh 3.000 meter ke sektor tenggara dengan tinggi kolom abu vulkanik 2.000 meter. Kondisi itu menyebabkan Kota Kabanjahe diguyur hujan abu dan berpotensi berlangsung lama karena erupsi Gunung Sinabung akan terus berlangsung.

Meningkatnya aktivitas Gunung Sinabung tersebut menyebabkan banyak warga Karo mengungsi. Hingga kemarin, jumlah pengungsi mencapai 10.645 jiwa atau 3.150 kepala keluarga. Dari jumlah itu, tercatat ada 780 lanjut usia (lansia), 76 ibu hamil, 220 bayi, dan 747 balita.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com