Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tim DVI Korsel dan Singapura Bantu Identifikasi Korban AirAsia QZ8501

Kompas.com - 02/01/2015, 14:01 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis


SURABAYA, KOMPAS.com - Tim Disaster Victim Identification (DVI) dari kepolisian Korea Selatan dan Singapura, terhitung sejak Jumat (2/1/2015) ini bergabung dengan tim DVI Polri untuk melakukan identifikasi korban pesawat AirAsia QZ8501 di Rumah Sakit Bhayangkara Polda Jatim di Surabaya.

Sebenarnya, kata Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Polisi Awi Setiyono, kedua tim sudah berada di Surabaya sejak kemarin. Namun, baru hari ini mulai bergabung dengan DVI Polda Jatim.

"Kemarin sudah diterima Kapolda Jatim, mereka menyatakan siap membantu kita di sini," katanya, Jumat (2/1/2015).

Tim DVI dari Korea Selatan dan Singapura, kata Awi, akan bergabung dengan tim ante-mortem dan post-mortem untuk mengidentifikasi tujuh jenazah yang sudah dikirim ke Mapolda Jatim sejak dua hari lalu.

Selain mendapatkan tambahan personel dari Singapura dan Korea Selatan, khusus tim post-mortem juga dibantu dari beragam dokter spesialis, di antaranya spesialis gigi, ahli patologi forensik, ahli tulang serta ahli-ahli lainnya.

"Mereka didatangkan untuk menganalisa data post-mortem yang ada di tubuh korban," ujarnya.

Sampai hari ini, sudah delapan jenazah yang sudah dikirim ke Posko DVI Polda Jatim yang ditunjuk sebagai posko pusat identifikasi korban pesawat Air Asia QZ8501. Satu di antaranya sudah berhasil diidentifikasi dan sudah diserahkan kepada pihak keluarga, yakni jenazah Hayati Luthfiyah Hamid asal Sidoarjo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com