Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meski Gunung Anak Krakatau "Waspada", Anyer-Carita Masih Aman untuk Liburan

Kompas.com - 29/12/2014, 01:57 WIB
SERANG, KOMPAS.com - Status Gunung Anak Krakatau di Perairan Selat Sunda, meningkat menjadi Waspada, dari sebelumnya Aktif Normal. Namun, Anyer masih dinyatakan aman untuk berlibur.

"Sejak dua hari terakhir ini kondisi Anak Krakatau berstatus Waspada, masih aman bagi wisatawan yang mengunjungi kawasan Pantai Anyer," kata Deni, petugas Pos Pengamatan Gunung Anak Krakatau (GAK) di Desa Pabuaran Kabupaten Serang, Minggu (28/12/2014).

Menurut Deni, aktivitas vulkanik gunung tersebut masih relatif normal, yakni tak memunculkan letusan maupun tremor.

Berdasarkan data kegempaan vulkanik, lanjut Deni, gunung ini mengalami gempa vulkanik dalam sebanyak enam kali dan vulkanik dangkal satu kali, sejak Jumat (26/12/2014).

Deni mengatakan, dengan kondisi ini para wisatawan masih aman untuk berlibur di kawasan Pantai Anyer-Carita. Namun, ujar dia, nelayan maupun pengunjung tak boleh naik ke kawasan Anak Krakatau.

"Kami memberikan rekomendasi radius satu kilometer dari lokasi Gunung Krakatau itu. Peringatan itu guna mencegah korban jiwa," tegas Deni, sembari menambahkan gunung ini juga tak mengeluarkan asap.

Sejauh ini, kata Deni, hanya gempa berkekuatan relatif kecil yang terjadi di kawasan tersebut. Meski demikian, puncak gunung masih terlihat jelas tak ada letusan dari Pantai Anyer yang terpisah jarak 42 kilometer. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com